Agar Anak Tak Gemuk Gunakan 5 Pemanis Alami ini

  • Jumat, 6 November 2015 10:00 WIB

Agar Anak Tak Gemuk Gunakan 5 Pemanis Alami ini

TabloidNakita.com - Mau makan manis, tapi tidak ingin si kecil mengalami kegemukan? Cobalah 5 pemanis alami sebagai pengganti gula agar anak tak gemuk

 

  • Madu. Madu adalah makanan super alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat. Madu manuka secara khusus dianggap memiliki sifat antibakteri khusus, yang dapat membantu melawan pilek dan mencegah radang gusi. Madu juga dikenal dapat membantu mengurangi kecemasan, dan mengobati gangguan pencernaan. Inilah salah satu pemanis alami yang digunakan dalam hampir semua resep roti atau kue. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat madu menjadi asupan sempurna pasca olahraga.
  • Nectar agave. Salah satu pemanis alami yang lain adalah nektar agave, yang diekstrak dari kaktus seperti tanaman agave. Seperti halnya gula, bisa sebagai tambahan minuman teh herbal atau sirup buatan sendiri, bisa juga digunakan untuk selai saat sarapan. Karena indeks glikemiknya rendah, pemanis ini tidak akan menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah. Namun, hati-hati dalam penggunaannya, karena tingginya kadar fruktosa (gula buah) yang dikaitkan dengan peningkatan tingkat diabetes tipe 2.
  • Gula kelapa. Gula kelapa terbuat dari nira pohon kelapa. Rasanya sering dibandingkan dengan gula merah dengan sedikit karamel, sehingga bisa dijadikan pengganti gula dalam hidangan penutup. Gula kelapa diklaim sebagai pemanis alami dengan glikemik yang rendah, sehingga membutuhkan waktu lebih lama bagi sistem pencernaan untuk memecahnya menjadi glukosa. Kandungan glutaminnya yang tinggi juga menjadi senyawa anti peradangan.
  • Sirup maple.  Sirup maple diekstrak langsung dari getah maple. Di dalamnya terkandung seng, magnesium, dan besi, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya memiliki sifat anti-kanker, anti-bakteri, dan anti-diabetes. Sirup maple sering digunakan untuk pancake, pemanis havermut, atau digunakan sebagai alternatif gula dalam pembuatan kue. Tapi hati-hati, beberapa merek sering menambakan sirup jagung fruktosa tinggi atau gula lain, sehingga pastikan selalu membaca label saat membeli sirup maple. Produk yang lebih murah biasanya hanya berisi gula putih biasa.
  • Stevia. Stevia merupakan salah satu alternatif gula yang tidak diproses secara kimia. Ini berasal dari daun tanaman Stevia, dan dijual dalam bentuk bubuk dan cair. Stevia rasanya lebih manis daripada gula, sehingga pemakaiannya cukup sedikit saja. Karena stevia bebas kalori, maka menjadi alternatif yang bagus untuk gula alami bagi mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Pemanis alami bisa membuat kita mendapatkan rasa manis, dengan bonus tambahan gizi dalam setiap kandungan pemanis alami. Lebih baik gunakan pemanis alami daripada menggunakan pemanis buatan untuk mendapatkan rasa manis dalam makanan Anda.

 

Reporter : Ipoel
Editor : Ipoel

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×