Matikan Gadget, dan Ajak Si Kecil Bermain di Luar Rumah Sekarang Juga!

  • Selasa, 29 Desember 2015 00:00 WIB

Matikan Gadget, dan Ajak Si Kecil Bermain di Luar Rumah Sekarang Juga!

Tabloid-nakita.com - Artikel ini hasil kolaborasi dari Friso dan Tabloid Nakita.

Dunia anak-anak adalah bermain. Di usia satu hingga tiga tahun, anak akan mencari petualangan baru. Mereka mulai belajar berbicara, berjalan, berlari, dan menilai diri mereka sebagai pribadi yang bebas dan memiliki kehendak sendiri. Dalam tahap ini, semua pencarian itu mereka lakukan melalui kegiatan bermain.

Pada dasarnya, anak selalu tertarik untuk bermain di luar rumah. Dengan bermain di luar, si Kecil belajar memahami diri dan lingkungan, sekaligus merangsang perkembangan fisiknya. Hal ini tak akan ia dapatkan secara maksimal, jika hanya bermain di dalam rumah sambil menonton televisi atau memangku gadget. Mum perlu meluangkan waktu 30-60 menit setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan fisik dan mental si Kecil supaya lebih optimal.

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan si Kecil dengan bermain di luar rumah? Berikut beberapa di antaranya.

Mengeksplorasi lingkungan

Mulai dari sekadar berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan, taman bermain, hingga museum, anak akan mendapatkan ruang dan kebebasan untuk mengeksplorasi lingkungannya. Menjelajahi dunia luar dengan pendampingan orang tua penting bagi perkembangan emosional, sosial, dan fisik anak. Mereka akan belajar lebih banyak mengenai dunia dan bagaimana hidup itu berjalan.

Bersama orang tua, si Kecil akan mendapatkan pengalaman berbeda saat memegang buah mangga langsung dengan tangan mungilnya. Hal ini tentu lebih menarik daripada dia hanya melihat gambarnya di buku. Ia bisa merasakan kulit mangga yang lembut, aroma manisnya, bahkan langsung mencicipi rasanya. Semua pengalaman itu lebih berarti dan lebih mudah diingat, daripada jika Anda hanya bertanya soal warna atau ukurannya hanya dari buku.

Mengasah keterampilan motorik

Mengeksplorasi lingkungan juga memberikan anak kesempatan untuk melatih keterampilan motoriknya. Entah itu menendang bola atau mendaki tangga, anak akan terus berusaha sampai dapat melakukannya dengan benar. Di luar ruangan, anak dapat benar-benar mempraktikkan kemampuan motoriknya seperti berlari, melompat, atau terjun ke tempat yang lebih rendah. Di luar rumah, anak juga bisa melatih keterampilan memegang bola, seperti melempar, menangkap, dan memukulnya. Ia bahkan mulai belajar keterampilan manipulatif seperti mendorong ayunan, menarik kereta, juga mengangkat dan membawa objek yang bergerak.

Meningkatkan kepercayaan diri

Melakukan aktivitas fisik ternyata juga meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri si kecil. Mereka mulai berpikir, “Ternyata aku bisa!” Sebab, bermain di luar rumah juga memengaruhi perkembangan kognitif dan sosio-emosionalnya. Anak-anak cenderung akan menciptakan permainan baru. Pada saat itu, mereka mengekspresikan diri dengan mempelajari dunia. Mereka belajar mengontrol diri dan membuat keputusan.

Berinteraksi dengan teman-teman sebaya juga mendorong anak lebih percaya diri untuk berbicara. Meskipun anak bermain untuk bersenang-senang, sebenarnya mereka sedang melatih keterampilan berkomunikasi. Contohnya, mereka belajar menghargai pertemanan dan aturan sosial, seperti harus bermain bersama dan berbagi mainan, juga bekerja sama sebagai tim.

Meningkatkan koordinasi dan kekuatan otot

Anak-anak memiliki kebutuhan besar untuk melatih fisik dan menggunakan otot-otot mereka untuk berlari, mengayun, melompat, atau mengayuh sepeda, di tengah udara yang segar. Misalnya ketika anak didorong di atas ayunan, atau berusaha mengayuh sepeda, mereka mengandalkan seluruh ototnya untuk berpegangan, menyeimbangkan diri, atau mengoordinasikan tubuh pada irama gerakan maju dan mundur. Main ayunan memungkinkan anak mengalami sebab-akibat dan memahami jarak dan ruang, seperti ke atas dan ke bawah, atau maju dan mundur. Dengan berayun, anak-anak juga bisa melihat dunia dari perspektif lain.

Meningkatkan fleksibilitas dan mencegah obesitas

Terbiasa melakukan aktivitas bermain yang mengandalkan otot tentunya akan meningkatkan fleksibilitas anak. Tubuh mereka menjadi bugar dan lentur, sehingga tidak mudah jatuh. Selain itu, Mum pasti tahu bahwa saat ini obesitas dan diabetes bukan lagi kondisi milik orang dewasa. Nah, bonus lain dari rutin bermain di luar adalah, mereka akan membakar lebih banyak kalori sehingga tidak mudah gemuk. Tubuh mereka lebih ringan sehingga tidak kesulitan ketika belajar memanjat pohon atau mendaki anak tangga.

Agar pertumbuhannya juga semakin maksimal, si Kecil juga membutuhkan nutrisi lengkap. Hal ini bisa Mum dapatkan dari susu Friso yang dapat mendukung penuh aktivitas si Kecil. Friso dapat memberikan asupan nutrisi yang membantu memperkuat daya tahan tubuh, serta melindunginya dari dalam.

Agar Mum lebih memahami pentingnya menemani anak bermain di luar ruangan, dan menemukan kegiatan bermain yang sesuai karakter si kecil, yuk bergabung dengan aktivitas #FrisoPlayDay di www.friso.co.id/playday. Melalui #FrisoPlayDay, susu Friso juga mendukung pertumbuhan fisik dan mental anak menjadi lebih optimal. Mulai sekarang, yuk ajak si Kecil bermain di luar rumah minimal selama 30-60 menit setiap harinya!

 

Reporter : Ajeng
Editor : Ajeng

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×