Cara Mengatasi Aneka Nyeri Setelah Melahirkan

  • Senin, 18 Juli 2016 13:40 WIB

Cara Mengatasi Aneka Nyeri Setelah Melahirkan

Tabloid-Nakita.com – Setelah melahirkan, perjuangan seorang ibu ternyata belum selesai. Mama bahkan akan merasakan nyeri setelah melahirkan. Setelah si kecil lahir, Mama akan mengalami perubahan tubuh kembali saat sebelum hamil dan tentu saja rasa nyeri juga akan melanda. Berikut cara mengatasi nyeri setelah melahirkan yang perlu Mama lakukan.

Baca juga: Pipis setelah melahirkan tanpa takut jahitan lepas

1.Sakit seluruh badan
Setelah melahirkan, Mama akan merasakan rasa nyeri di sekujur tubuh. Rusuk, perut hingga bekas jahitan akan sakit berdenyut. Hal ini tentu wajar karena badan Mama telah melewati fase sakit seluruh tubuh dan masih menyisakan rasa nyeri. Ketidak nyamanan ini biasanya hanya berlangsung beberapa hari setelah melahirkan. Mama bisa meminta resep dari dokter jika tidak kuat dengan rasa nyeri yang dirasakan.

2.Kram perut
Perut Mama akan kembali ke ukuran normal setelah melebar untuk menampung janin. Kram perut akan Mama rasakan saat proses tersebut. Nyeri tipe ini biasanya akan hilang kurang dari seminggu. Untuk membantu mengurangi rasa nyerinya, Mama perlu menyiapkan kain dan air hangat. Basahi kain dengan air hangat kemudian letakkan pada bagian yang sakit.

Baca juga: Ini kondisi fisik yang terjadi pasca bersalin

3.Payudara bengkak
Sesaat setelah melahirkan, payudara akan terlihat bengkak dan menimbulkan nyeri. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menyusui si kecil. Produksi susu yang berlebihan menyebabkan bengkak dan nyeri yang dirasakan. Mintalah bantuan dokter atau tenaga kesehatan agar bayi bisa cepat menyusui. Jika bayi masih sulit menyusui, Mama bisa menggunakan pompa untuk merangsang aliran susu atau mengompres payudara dengan kantung es.

4.Pendarahan pada vagina
Pendarahan ini merupakan salah satu proses pembersihan rahim yang normal terjadi. Biasanya kondisi ini akan terjadi hingga empat minggu setelah melahirkan. Siapkan pembalut atau panty liner untuk menampung pendarahan ini. Saat menyusui, Mama juga akan merasakan pendarahan yang lebih banyak sebab menyusui dapat menyebabkan kontraksi rahim. Jika pendarahan terlalu banyak, segera hubungi dokter.

Baca juga: Nyeri yang akan Mama rasakan setelah operasi caesar

5. Sembelit
Banyak ibu yang merasakan kesulitan untuk buang air besar setelah melahirkan. Tahukah Mama bahwa kondisi ini kadang disebabkan oleh cemas atau takut jahitan melahirkan yang lepas. Selain itu, tubuh juga sedang menyesuaikan diri karena ada perubahan di dalam tubuh. Kondisi ini mungkin terjadi pada satu minggu setelah melahirkan. Untuk mengatasi nyeri setelah melahirkan ini, Mama perlu banyak makan serat, minum yang cukup dan berolahraga. Berjalan sejenak setiap hari juga dapat membantu.

(Niken/Parents) 

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×