8 Kejutan yang Terjadi Sesudah Operasi Caesar

  • Jumat, 22 Januari 2016 16:15 WIB

8 Kejutan yang Terjadi Sesudah Operasi Caesar

Tabloid-Nakita.com - Banyak perempuan yang takut sakit saat melahirkan, sehingga memilih bersalin dengan operasi Caesar. Sedangkan bagi sebagian perempuan lain, Caesar bukan merupakan pilihan karena terdorong oleh kondisi kehamilan yang sulit. Yang pasti, "penderitaan" persalinan justru baru dialami setelah melahirkan. Ingin tahu kejutan yang terjadi setelah operasi Caesar?

Harus pakai kateter. Pemulihan usai persalinan caesar lebih lama daripada jika bersalin normal. Dan, meskipun Mama disarankan untuk lekas bangkit dan bergerak lagi, sulit untuk berjalan kaki untuk berjalan keluar dari kamar. Sebab, Mama masih memakai kateter selama satu hari setelah bersalin.

Bekas jahitan. Operasi Caesar setidaknya akan meninggalkan bekas jahitan sepanjang 10-15 cm. Setelah bertahun-tahun, bekas jahitan ini masih akan terlihat di bagian bawah perut. Bahkan, sebagian perempuan akan melihat lipatan kulit di atas bekas jahitan tersebut.

Pitocin. Pitocin adalah suntikan oksitosin buatan yang dilakukan untuk menginduksi persalinan serta memperkuat kontraksi. Namun Mama akan menyadari bahwa obat yang diberikan melalui infus ini juga masih diberikan pasca persalinan untuk membantu mencegah terjadinya pendarahan. 

Sembelit usai melahirkan. Obat pereda nyeri pasca persalinan, atau rasa khawatir jahitan akan robek saat ingin BAB, menyebabkan banyak ibu baru mengalami sembelit.

Sulit berjalan. Operasi Caesar boleh dibilang sebagai operasi besar. Maka tidak seperti mereka yang melahirkan secara normal, Mama tak bisa langsung turun dari tempat tidur dan berjalan-jalan di rumah sakit. 

Gemetar. Dalam beberapa jam pertama setelah operasi, tubuh Mama akan membuang sisa-sisa anestesi dengan sendirinya, dan menenangkan diri dari prosedur tersebut. Hal ini menyebabkan tubuh merasa kedinginan dan gemetaran.

Pendarahan. Seperti saat melahirkan secara normal, Mama yang bersalin melalui operasi Caesar juga akan mengalami pendarahan selama beberapa hari. Bahkan ada juga yang masih mengalami pendarahan beberapa minggu setelah persalinan.

Nyeri saat berhubungan seks. "Ada anggapan bahwa wanita yang menjalani operasi Caesar kecil kemungkinannya mengalami masalah dalam hubungan seksual," kata Stephanie Brown, peneliti dari Murdoch Children's Research Institute. "Hal ini ternyata tidak benar." Faktanya, nyeri saat berhubungan seks bisa terjadi hingga 18 bulan setelah melahirkan.

Efek samping operasi Caesar ini memang umum terjadi, jadi Mama siap-siap saja ya. (Dini/PopSugar)

Reporter : Dini
Editor : Dini

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×