Trik Cepat Pulih Usai Operasi Caesar Menurut Para Ahli

  • Selasa, 12 April 2016 14:20 WIB

Trik Cepat Pulih Usai Operasi Caesar Menurut Para Ahli

Tabloid-Nakita.com – Salah satu hal yang penting setelah mengalami operasi caesar ialah melakukan pemulihan. Bekas luka membuat sebagian wanita mengalami sakit yang cukup menyakitkan untuk waktu yang cukup lama. Untuk itu, Mama juga perlu menyiapkan cara cepat pulih usai operasi caesar. Beberapa ahli mencoba untuk menjabarkan cara tersebut.

1.Meminta bantuan
Marjorie Nass, salah seorang dokter dari lembaga kesehatan Ready Set Recover mengungkapkan bahwa setiap ibu harus menyadari bahwa dirinya baru memiliki seorang bayi dan harus memulihkan diri dari operasi. “Wanita harus menyadari bahwa ia tidak bisa pulih tanpa bantuan orang lain,” ujarnya. Untuk itu, Mama harus membiarkan anggota keluarga dan kerabat membantu Mama dalam berbagai hal. Penting bagi Mama untuk fokus mengurus si kecil dan membiarkan orang lain membantu kebutuhan Mama.

Baca juga: 5 pertimbangan saat memutuskan operasi caesar

2.Mengonsumsi makanan bergizi
Pemulihan sehabis operasi caesar sangat ditentukan oleh asupan makanan. Dr. Carolyn Dean salah seorang ahli gizi dan kehamilan merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium. Selain itu, pemulihan ini juga membutuhkan makanan yang mengandung protein. Makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah seperti alpukat sangat cocok untuk pemulihan. “Magnesium juga punya sifat anti-stres sehingga sangat membantu pemulihan,” ujarnya.

Baca juga: Cara aman dan mudah merawat luka bekas jahitan caesar

3.Belajar berjalan
Ketika dokter memperbolehkan Mama untuk bergerak, cobalah tetap aktif bergerak. Dr.Carolyn Dean mengatakan cobalah untuk mulai mengumpulkan tenaga secara bertahap agar pemulihan tenaga berlangsung dengan cepat. “Berlatih berjalan secara perlahan sangat direkomendasikan. Namun, hindari mengangkat beban yang terlalu berat,” ujarnya. Berjalan juga membantu merenggangkan anggota tubuh yang lama tidak bergerak.

4.Berpikir baik pada diri sendiri
Stres dan perubahan mood pasti terjadi pada ibu melahirkan. Untuk itu, Mama harus terus berpikir positif dengan sesering mungkin menyentuh bayi. Sentuhan dengan bayi akan memberikan dampak positif bagi tubuh Mama. Ingatlah bahwa anak sangat membutuhkan Mama sehingga Mama harus segera pulih. Mencari tahu cara merawat bayi yang baru lahir juga dapat mengurangi stres yang Mama rasakan.

Baca juga: 8 kejutan yang terjadi sehabis operasi caesar

Pemulihan seusai operasi caesar memang berbeda-beda. Ada yang hanya memakan waktu 2 hingga 3 bulan, namun tak jarang yang membutuhkan waktu selama 1 bulan. Dukungan orang sekitar Mama sangat dibutuhkan agar cepat pulih usai operasi caesar. Mengikuti anjuran dokter seperti memakai obat luka dan makanan bergizi sangat menentukan pemulihan yang akan Mama jalani.

(Niken/She Knows)

Reporter : Gisela Niken
Editor : Gisela Niken

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×