Nakita.id - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas ini adalah kampanye online yang digagas di tahun 2012 oleh Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.
Para pentolan toko online pada masa itu saling bekerja sama untuk menarik minat orang dalam berbelanja lewat Internet.
BACA JUGA: Gadis 16 Tahun Hamil! Gara-gara Terpengaruh Drama Korea?
Kini, 5 tahun kemudian, jumlah peserta toko online Harbolnas yang tadinya hanya 6 toko itu, kini sudah meningkat drastis menjadi 254 toko online!
Dari 254 peserta tersebut, kebanyakan berasal dari marketplace yang menjual baju dan aksesoris (di atas 60 peserta).
Sedangkan yang kedua terbanyak adalah toko yang menjual peralatan kesehatan dan makeup (di atas 20 peserta).
Kemudian diikuti dengan toko elektronik dan travel (belasan peserta).
Meski bulan lalu juga ada Harbolnas di tanggal 11 November 2017.
Kebanyakan peserta pada saat itu berasal dari toko online asal Tiongkok yang memang memanfaatkan momen Single Day yang populer di Tiongkok.
Mirip dengan itu ada Black Friday yang populer di negara-negara Barat.
Jadi bisa dibilang, peserta Harbolnas kali ini adalah peserta toko yang berbeda.
Catat tanggalnya ya, Moms... 12 Desember!
Artikel ini pernah tayang di Nextren.
Rekap Perjalanan Bisnis 2024 TikTok, Tokopedia dan ShopTokopedia: Sukses Ciptakan Peluang dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital
Source | : | Nextren.grid.id |
Penulis | : | David Togatorop |
Editor | : | David Togatorop |
KOMENTAR