Ternyata, Ini Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Bayi

By Gisela Niken, Selasa, 13 Desember 2016 | 22:30 WIB
Manfaat pepaya untuk kesehatan bayi khususnya kesehatan pencernaan. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memasuki usia enam bulan artinya Mama mulai mengenalkan berbagai makanan padat bagi si kecil. Secara bertahap Mama akan mengenalkan berbagai jenis buah dan sayuran. Salah satu jenis buah yang perlu dikenalkan adalah pepaya. Buah tropis ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi si kecil. Berikut berbagai manfaat pepaya bagi kesehatan bayi yang perlu Mama ketahui.

Baca juga: Pilihan sayuran dan buah untuk MPASI

Pepaya ternyata dapat menyembuhkan luka atau ruam pada kulit bayi. Jika si kecil mulai mengeluhkan rasa sakit pada ruam yang muncul, coba oleskan pepaya yang sudah dihaluskan pada bagian ruam. Kandungan vitamin dalam pepaya dapat membantu memulihkan ruam serta mengurangi rasa panas dan sakit.

Selain baik untuk kulit, pepaya juga dapat menjaga kesehatan pencernaan bayi. Pepaya memang terkenal sebagai buah yang dapat melancarkan buang air besar. Berikan pepaya pada bayi jika ada masalah pada pencernaannya. Pepaya menjadi obat sembelit yang alami bagi bayi. Masalah pencernaan lain seperti cacingan juga bisa diatasi dengan pepaya. Mama bisa menumbuk biji pepaya yang dicampurkan dengan madu. Berikan pada anak di atas satu tahun untuk menghilangkan cacing.

Antioksidan yang terkandung dalam pepaya juga dapat jadi bahan alami yang mencegah bayi terkena berbagai penyakit. Aneka penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan usus dapat dicegah dengan mengonsumsi pepaya. Selain itu, kekebalan tubuh bayi juga akan meningkat dengan bantuan vitamin C di dalam pepaya.

Baca juga: 5 buah untuk menurunkan panas tubuh

Meski banyak manfaat pepaya bagi kesehatan bayi, Mama perlu mengenalkan pepaya seara bertahap. Ketika masuk usia 6 bulan berikan pepaya yang telah dihaluskan dalam jumlah kecil. Mama perlu menunggu waktu hingga bayi dapat mengonsumsi dalam jumlah besar. Mama perlu melihat reaksi bayi, jika ada yang aneh Mama perlu berkonsultasi pada dokter seputar pemberian pepaya sebagai MPASI.