Mama Harus Bangga Menjadi Seorang Ibu yang Istimewa, Ini Alasannya!

By Gisela Niken, Rabu, 21 Desember 2016 | 00:00 WIB
Banyak alasan yang membuat sosok ibu jadi perempuan istimewa (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menjadi seorang ibu agaknya menjadi mimpi bagi hampir semua perempuan. Padahal, tugas seorang ibu sama sekali tidak enteng, bahkan butuh banyak perjuangan. Jadi tidak berlebihan kalau setiap ibu yang dengan sadar memilih tugas itu mendapat tempat yang istimewa, karena #IbuPerempuanIstimewa. Mama pun perlu bangga menjadi seorang ibu dan alasan berikut akan membuat Mama semakin tidak menyerah jadi ibu terbaik.

1.Memberikan kehidupan

Kehamilan menjadi fase awal kehidupan seseorang. Ibu menjadi sosok yang banyak berperan bagi kehidupan manusia. Tidak hanya melahirkan seorang anak, Ibu juga akan menjadi sosok yang paling mencintai anaknya sebab ia telah merasakan kedekatan anak sejak dalam kandungan. Selain ikatan emosional yang kuat, sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School mengungkapkan suara ibu yang didengar sejak dalam kandungan akan meningkatkan perkembangan otak janin khususnya kemampuan berbahasa.

2.Sosok pelindung dan teman bagi anak

Meskipun ayah dikenal sebagai sosok kuat yang melindungi, #IbuPerempuanIstimewa juga memiliki peran sebagai pelindung keluarga. Mama tentu ingin melindungi si kecil dari bahaya, sakit ataupun hal-hal yang mengancam anak. Hal ini juga disebabkan oleh kekuatan batin yang dimiliki Mama dan si kecil. Penelitian yang dilakukan Fred Hutchinson Research Center di Seattle mengungkapkan DNA janin dapat bermigrasi ke otak Mama sehingga membuat Mama sering memikirkan si kecil. Hal ini yang membuat sosok ibu jadi lebih banyak melindungi dan peduli pada anak.

3.Mencintai tanpa pamrih

Rasa memiliki seorang ibu akan membuatnya sangat mencintai keluarganya. Mama tentu akan menjaga apa yang telah dirawat dengan sungguh-sungguh. terutama si kecil. Rasa cinta dan perhatian akan diberikan seutuhnya.  Rasa cinta Mama pada keluarga juga tidak mengharapkan balasan. Hal ini membuat Mama semakin menjadi #IbuPerempuanIstimewa.

4.Menjadi role model

Mama perlu bangga menjadi #IbuPerempuanIstimewa. Mama akan menjadi panutan dan role model utama bagi si kecil. Sebuah riset yang dilakukan oleh Lancaster University Management School mengungkapkan bahwa anak cenderung menjadikan ibu sebagai panutan dalam bidang edukasi. Mama ternyata punya peran yang jauh lebih besar di bidang akademik dibandingkan peran Papa.

Melihat begitu banyak peran Mama sehingga Mama layak menjadi seorang #IbuPerempuanIstimewa. Menjadi ibu yang istimewa juga ada di dalam diri Diana. Ia adalah seorang ibu penyandang osteogenesis imperfecta, kelainan genetik yang membuat tulangnya sangat rapuh dan mudah patah. Ia juga seorang tuna rungu. Keterbatasan ini tak mematahkan semangat Diana untuk mengurus anak dan suami dengan bantuan kursi roda. Yuk lihat bagaimana Diana menjadi #IbuPerempuanIstimewa lewat video berikut ini.