Resep Alami untuk Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

By Gisela Niken, Rabu, 21 Desember 2016 | 04:30 WIB
Menghilangkan ketombe secara alami bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ketombe, rasa gatal dan masalah rambut lainnya memang mengganggu. Namun, Mama bisa menghilangkan ketombe secara alami dengan berbagai campuran bahan alami. Mama hanya perlu menyiapkan yogurt, madu dan lemon. Yogurt yang digunakan sebaiknya tanpa tambahan gula atau perasa lainnya.

Produk olahan susu ini ternyata mengandung vitamin B16, B12 asam laktat dan zinc. Asam laktat menjadi kunci untuk membuat rambut Mama semakin lembut. Vitamin B12 juga berfungsi meningkatkan pertumbuhan rambut sementara zinc dapat memberikan pigmen warna hitam pada rambut. Sementara lemon memiliki sifat anti mikroba yang dapat mencegah berkembangnya bakteri dan dapat membersihkan kulit kepala. Asam amino dalam madu dapat menjaga kelembaban rambut.

Berikut resep alami yang bisa Mama buat dengan mencampur aneka bahan alami tadi agar rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

  1. Ambil mangkuk ukuran kecil dan tuang yogurt hingga setengah. Pastikan menggunakan yogurt tawar atau tanpa rasa.
  2. Ambil satu buah lemon dan potong menjadi dua bagian. Panaskan sebentar di atas api selama 10 hingga 20 detik. Biarkan hingga sedikit dingin kemudian peras. Campurkan air lemon tersebut ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan satu sendok madu.
  4. Campur seluruh bahan alami dan oleskan ke seluruh bagian rambut. Gunakan sisir yang bergigi lebar. Jika rambut terlalu kering gosokkan minyak kelapa ke rambut agar mencegah rambut kusut.
  5. Diamkan rambut selama satu jam kemudian Mama bisa membilasnya dengan keramas seperti biasa.
  6. Setelah keramas, biarkan rambut kering alami. Hindari menggunakan hair dryer serta menyisir rambut hingga rambut benar-benar kering.
  7. Gunakan resep alami ini satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.