Camilan Sehat Ibu Hamil untuk Mencegah Kenaikan Berat Badan Berlebih

By Gisela Niken, Senin, 26 Desember 2016 | 23:30 WIB
ibu hamil makan sayur (Encan)

Tabloid-Nakita.com – Ibu hamil jadi banyak makan? Hal ini normal terjadi karena perubahan hormon dan memang kebutuhan nutrisi yang lebih banyak akibat adanya janin yang bertumbuh. Namun, Mama perlu menjaga asupan makanan terutama makanan ringan atau camilan yang masuk sebab kenaikan berat badan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah kesehatan saat hamil. Berikut daftar camilan sehat untuk ibu hamil yang bisa Mama konsumsi.

Baca juga: 5 jenis makanan yang baik untuk ibu hamil

1.Apel

Protein, serat dan lemak sehat membuat apel menjadi menu camilan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Mama bisa menambahkan apel dengan biskuit gandum ataupun selai kacang. Selain apel, Mama bisa mengonsumsi buah-buah lain yang cocok untuk camilan ibu hamil seperti buah pir dan pisang.

2.Yogurt

Olahan susu memang baik untuk kesehatan. Mama bisa mendapatkan asupan kalsium dari yogurt agar membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Usahakan memilih yogurt yang rendah gula dan tidak ada rasa. Untuk menambah asupa serat, Mama bisa menambahkan kacang dan buah-buahan sebagai menu camilan yang enak dan menyehatkan.

Baca juga: Ibu hamil baiknya makan cokelat, ini alasannya!

3.Cokelat

Ternyata cokelat dapat menurunkan risiko preeklamsia saat hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta kerusakan organ pada wanita hamil. Tidak hanya cokelat saja, Mama bisa menambahkan beberapa buah. Puding cokelat dengan susu rendah lemak juga baik menjadi menu camilan Mama hamil dan dapat membantu pertumbuhan tulang janin.

4.Smoothies

Minuman dengan bahan dasar buah serta susu juga baik untuk kehamilan Mama. Pilihlah yogurt, susu serta buah seperti pisang untuk membuat smoothies yang kaya akan vitamin, protein dan kalsium. Selain itu, smoothies buah juga memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi.

Baca juga: Ibu hamil tak perlu banyak makan

5.Roti

Roti menjadi menu camilan sehat untuk ibu hamil yang mudah untuk didapatkan. Mama bisa mengonsumsi aneka roti seperti sandwich. Jangan lupa untuk memasukkan topping sehat seperti tuna. Tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik sehingga membantu otak bayi si kecil berkembang. Sayuran seperti tomat dan selada baik pula untuk kesehatan ibu hamil.