Jarang Terjadi, Begini Kondisi Dua Bayi Kembar Siam Kepala Setelah Operasi

By Gisela Niken, Jumat, 30 Desember 2016 | 03:00 WIB
Anias dan Jadon, dua bayi kembar siam yang cepat dan mudah pulih. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kembar siam merupakan kondisi tidak biasa yang dialami oleh 1 dibanding 2,5 juta kelahiran. Anias dan Jadon McDonald, dua orang bayi kembar siam yang menjalankan operasi pemisahan pada Oktober lalu. Setelah menjalani operasi selama 27 jam, kini banyak kemajuan yang dialami oleh kedua bayi tersebut.

“Selama lebih dari 13 bulan, saya mengimpikan hal ini,” ujar sang Mama, Nicole McDonald dalam akun Facebooknya. Untuk pertama kalinya ia mengunggah foto sedang menggendong Jadon sendirian. “Saya melihat ekspresi Jadon yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Sungguh memeluk mereka satu persatu adalah mimpi saya selama ini,” tambahnya.

Menurutnya, Anias memang lebih lambat dalam proses pemulihan. Ia bahkan sempat mengalami berbagai masalah seperti masalah pernapasan, kejang hingga masalah jantung. Namun siapa sangka dan tidak terduga, selama sembilan minggu setelah operasi, kedua bayi kembar yang kini berusia 15 bulan menunjukkan kemajuan luar biasa.

Menurut today.com, kekuatan anak-anak tersebut membuat mereka sangat cepat pulih. Kini, keduanya sudah tiadak ada di rumah sakit. Kini mereka dalam sebuah fasilitas pemulihan sebelum kembali ke rumah. “Sembilan mingu adalah waktu yang sangat singkat untuk pemulihan atas apa yang mereka janin. Melebihi harapan dan ekspektasi semua orang,” ujar Dr. Oren Tepper, salah seorang dokter yang menangani.

Lucunya, kedua anak kembar ini tetap tidak bisa dipisahkan. Mereka pun masih sering saling berpegangan tangan dan sangat lekat satu dengan yang lain. Kini, dokter masih membutuhkan proses operasi lanjutan. “Anias dan membutuhkan cangkok kulit kepalanya. Semoga ini adalah operasinya yang terakhir sehingga kami bisa bersama-sama melakukan aktivitas secara normal,” tambah sang Mama.