Daftar Makanan Wajib untuk Ibu Hamil Kembar Agar Tumbuh Kembang Janin Optimal

By Gisela Niken, Senin, 2 Januari 2017 | 23:00 WIB
Makanan untuk ibu hamil kembar sangat penting untuk tumbuh kembang janin (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Hamil kembar jadi waktu yang menyenangkan karena kelak Ibu akan memiliki dua anak sekaligus! Namun, hamil kembar juga memiliki banyak tantangan. Untuk itu, agar tetap sehat kita perlu banyak mengonsumsi makanan untuk ibu hamil kembar agar tumbuh kembang janin normal dan optimal. Gaya hidup yang sehat dapat pula mengurangi komplikasi kesehatan yang kerap terjadi saat hamil kembar.

Baca juga: Ibu hamil kembar bisa bersalin normal?

Kacang-kacangan kaya akan vitamin dan asam lemak omega-3 sehingga dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi Ibu dan si kembar. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Ibu hamil kembar akan memiliki masalah pencernaan, kacang-kacangan yang kaya serat akan mengatasi masalah pencernaan tersebut.

Baca juga: Ternyata, ini penyebab anak kembar semakin banyak

Nutrisi dari kalsium sangat penting untuk ibu hamil kembar. Kalsium yang lebih banyak dari biasanya sangat dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Maka, Mama perlu mengonsumsi susu serta aneka olahan susu seperti yoghurt. Tidak hanya itu, kalsium juga baik untuk mengurangi kontraksi otot yang juga lebih banyak terjadi sebab ada dua janin di dalam rahim.

Ikan yang kaya akan vitamin E juga wajib dikonsumsi oleh ibu hamil kembar. Vitamin E sangat baik untuk fungsi penyebaran oksigen ke janin. Dua atau lebih janin tentu membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Penyebaran oksigen dilakukan oleh sel darah merah, sementara vitamin E punya fungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan sel darah merah. Ibu juga wajib memilih ikan yang tidak mengandung merkuri seperti ikan sarden, salmon dan lele.

Baca juga: Begini cara alami agar punya anak kembar

Kandungan protein penting untuk masuk ke dalam makanan untuk ibu hamil kembar. Protein dari aneka olahan kedelai serta telur dapat membantu perkembangan otot janin. Telur juga memiliki nurisi lain seperti vitamin dan mineral agar perkembangan organ penting janin berkembang secara normal. Zat besi juga penting untuk dikonsumsi untuk perkembangan sel darah merah. Ibu bisa mendapatkan kandungan zat besi dari bayam serta daging merah.