6 Artis Ini Pilih Melahirkan bersama Bidan, Pengalamannya Tak Terlupakan!

By Dini Felicitas, Selasa, 17 Januari 2017 | 04:00 WIB
Andien dan Ippe, serta putra mereka, Kawa. (Dini Felicitas)

Nakita.id -

Oppie Andaresta Oppie (44), boleh dibilang salah satu pelopor persalinan gentle birth dengan bantuan bidan. Sembilan tahun setelah menikah dengan Kurt Kaler, Oppie melahirkan putranya, Kai Matari Bejo, dengan bantuan bidan Robin Lim dari Yayasan Bumi Sehat, Desa Nyuh Kuning, Ubud, Bali, pada 20 Juli 2007.

Kai lahir di dalam bak air berisi air hangat. Ketika sudah merasakan kontraksi, Oppie merendam diri di dalam bak berisi air hangat itu. Uniknya, selama kontraksi, Oppie menyikapi rasa sakitnya dengan tenang. "Aku setel lagu-lagu reggaenya Bob Marley. Aku menyanyi sambil teriak-teriak wooo ... yeaaah," katanya pada Kompas.

Begitu lahir, plasenta Kai tidak langsung dipotong. Selama kurang lebih sembilan jam, plasenta itu tetap menempel di tali pusar Kai sebelum akhirnya dibakar. Karena plasentanya masih terus menempel, Oppie menggendong-gendong anaknya sambil menyeret-nyeret baskom berisi plasenta.

Oppie mengenal Robin dari seorang teman ketika sedang berlibur ke Bali. Saat itu, usia kandungannya masih tujuh minggu. Awalnya Oppie hanya ingin berkonsultasi dengan Robin tentang gangguan mual yang masih terus menderanya saat itu. "Aku lalu ditawari melahirkan di dalam air dan diajarkan filosofi gentle birth. Aku dan suami langsung tertarik," ujar Oppie, mengisahkan pertemuannya dengan Robin yang kelak menerima penghargaan CNN Hero of the Year 2011 itu.

Yayasan Bumi Sehat sendiri menawarkan perawatan prakelahiran dan bantuan melahirkan secara gratis dan sehat. Tujuannya adalah mengurangi angka kematian anak dan ibu pada proses kelahiran, yang masih termasuk tinggi di kawasan Asia.

Halaman berikutnya -->