Cara Tepat Merawat Kulit Bayi Baru Lahir Agar Tetap Bersih dan Lembut

By Gisela Niken, Selasa, 17 Januari 2017 | 02:00 WIB
Duh, Kulit Kepala Bayi Berkerak (Ipoel )

Nakita.id – Kulit bayi yang putih, bersih dan lembut membuat kita sebagai orangtua ingin menjaga selalu kulitnya. Apalagi pada bayi baru lahir, sensitivitas yang sangat tinggi membuat Mama perlu memilih produk yang tepat untuk bayi. Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk merawat kulit bayi baru lahir? Apakah aman menggunakan aneka produk kosmetik bayi seperti sampo, sabun dan lotion?

Baca juga: Tip menjaga kulit bayi tetap putih dan bersih

Menurut Tanya Remer Altmann, MD, seorang dokter anak dan penulis buku “Mommy Calls: Dr. Tanya Answers Parents' Top 101 Questions About Babies and Toddler”, produk kosmetik bayi ada yang mengandung aditif. Beberapa bayi mungkin tidak masalah dengan hal ini, namun sebagian bayi mungkin mengalami iritasi kulit dari paparan bahan-bahan dalam produk tersebut.

Lalu apa yang perlu kita lakukan dengan kondisi ini? Pemakaian produk kosmetik bayi sebaiknya jangan berlebihan pada bayi baru lahir. Gunakan sabun dan air yang secukupnya saat mandi. “Pada bayi baru lahir, mandi bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu,” tambah Altmann. Mandi yang berlebihan bisa mengeringkan kulit karena menganggu produksi minyak alami pada kulit bayi.

Baca juga: Cara tepat membersihkan area genital bayi laki-laki

Pilihlah produk kosmetik yang mengandung bahan alami seperti minyak almon, lidah buaya, dan lain-lain. Meskipun tetap mengandung bahan kimia, produk kosmetik bayi yang tepat akan menurunkan risiko alergi atau masalah kulit lainnya. Sebelum menggunakan produk dalam jumlah banyak, coba gunakan kosmetik bayi pada bagian lengan misalnya untuk melihat reaksi apakah si kecil alergi atau tidak.

Produk kosmetik yang tidak banyak mengandung campuran bahan juga lebih tidak berisiko membuat si kecil alergi. Hindari produk yang mengandung parfum atau campuran lain misalnya anti-bakteri. Kandungan seperti triclosan pada sabun anti-bakteri sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh bayi. Sementara pada produk yang mengandung parfum, alergen pada bayi banyak terkandung dalam produk yang mengandung wewangian terlalu tinggi.

Baca juga: Cara alami mengatasi kulit kering pada bayi

 Hindari pula produk kosmetik yang mengandung deodoran (triklosan, heksaklorofen) serta sabun yang mengandung detergen seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi. Itu dia beberapa trik dalam merawat kulit bayi baru lahir. Jangan terpaku pada pemilihan produk kosmetik bayi sebab produk ini bukanlah hal yang harus diberikan kepada bayi terutama bayi baru lahir.