Manfaat Es Batu untuk Wajah Agar Awet Muda dan Bercahaya

By Gisela Niken, Selasa, 17 Januari 2017 | 23:30 WIB
Agar wajah awet muda dan bercahaya, es batu bisa jadi cara sederhana. (Gisela Niken)

Nakita.id – Wajah memang jadi hal yang terpenting bagi wanita. Mama pasti ingin memiliki kulit sehat sehingga bisa tampak awet muda dan bercahaya. Nah, Mama tak perlu susah-susah dan mahal-mahal mencari produk perawatan kulit. Terapi es batu ternyata bisa Mama lakukan agar wajah awet muda dan bercahaya. Seperti apa pemakaiannya?

Baca juga: Begini cara jadikan kulit wajah ibu sehalus bayi

Sebelum melakukan berbagai terapi atau perawatan dengan es batu, Mama perlu mengetahui beberapa aturannya. Saat menggunakan es batu, pastikan wajah kita sudah dalam keadaan bersih. Gunakan sarung tangan untuk memegang es batu. Hal ini akan melindungi tangan dan tetap bersih. Untuk menghindari masalah pada kulit, jangan gunakan kompres es pada tubuh selama lebih dari satu jam.

Lalu, kapan saja dan apa saja kegunaannya? Ada berbagai fungsi dan manfaat es batu yang bisa Mama coba. Jika ingin mendapatkan kulit wajah halus, lakukan perawatan dengan es batu setiap malam atau sebelum tidur. Cuci muka kemudian isi kantung plastik dengan es atu. Pijat lembut dengan kantung es di sekitar wajah dan leher selama tiga menit. Lakukan hal ini secara rutin agar kulit jadi segar dan halus. Cara tadi juga mencegah keriput dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Cara memutihkan wajah secara alami murah dan cepat

Terapi es batu juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Cuci wajah sampai bersih, bungkus es batu dengan kain lembut dan tempelkan ke jerawat sambil ditekan dengan lembut selama tiga hingga lima menit. Keriput juga bisa dicegah dan dikurangi dengan es batu. Pijat wajah dengan es batu selama satu menit sebelum menggunakan make up. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penuaan dini.

Punya kantung mata akibat kurang tidur? Es batu juga bisa membantu mengatasi hal ini. Bungkus dua buah es batu di potongan kain. Tempel di atas mata dan pijat lembut di daerah yang memiliki kantung mata. Pijat dengan dua gerakan melingkar yang lambat. Lakukan pijatan ini selama dua menit.

Baca juga: Manfaat minyak esensial untuk kulit ibu hamil

Tidak hanya bermanfaat agar wajah awet muda dan bercahaya, es batu dapat menghilangkan lemak di perut. Tempatkan kompres es di perut selama 15 menit dan angkat kompres es sebentar selama tiga menit. Ulangi proses ini selama satu jam. Es dapat mengubah sel-sel lemak putih menjadi sel lemak cokelat yang bisa dibakar oleh proses metabolisme dengan lebih mudah dan cepat. Cara ini tentu akan lebih baik jika ditambah dengan diet serta olahraga teratur.