Ini Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Kesehatan

By Gisela Niken, Rabu, 18 Januari 2017 | 23:15 WIB
Banyak orang yang merasa masih bugar meski kurang tidur. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Tidur merupakan rutinitas yang menyenangkan bagi banyak orang. Namun, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah posisi tidur. Ternyata posisi tidur turut memengaruhi kesehatan. Siapa sangka ternyata ada berbagai manfaat bagi kesehatan jika tidur miring ke kiri. Tidur miring ke kiri baik untuk kesehatan organ dalam.

Tidur miring ke kiri baik untuk sistem limfa yang memiliki peran untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan tidur miring ke kiri dapat membantu pembuangan racun lebih cepat. Sistem limfatik juga membantu penyebaran lemak, protein dan zat penting lainnya dalam jaringan tubuh. Dengan begitu, tidur miring ke kiri akan membantu sel-sel mendapatkan nutrisi lebih cepat.

Organ limpa juga lebih efisien dengan tidur miring ke kiri. Aliran darah ke limpa akan lebih cepat karena gravitasi sehingga lebih mungkin untuk menyaring kotoran lebih cepat. Tidur dengan sisi kiri ternyata dapat melancarkan sistem pencernaan. Terdapat persimpangan antara usus halus dan usus besar yang terletak di sisi kiri tubuh. Ketika tidur di sisi kiri, gaya gravitasi membuat kotoran lebih cepat pindah dari usus kecil ke usus besar.

Hati dan jantung juga jadi dua organ yang mendapatkan manfaat dari tidur dengan sisi kiri. Organ hati ada pada sisi kanan tubuh sehingga tidur dengan posisi miring ke kiri akan meringankan beban pada organ ini. Begitu pula dengan jantung. Sisi kiri jantung menerima darah dari paru-paru dan memompanya ke tubuh. Oleh karena itu, tidur di sisi kiri akan membantu jantung melakukan fungsinya lebih mudah. Tidur di sisi kiri juga memberikan gravitasi pada sistem peredaran darah.

Pada ibu hamil, tidur miring ke kiri juga direkomendasikan. Posisi ini dapat memaksimalkan aliran darah dan gizi ke plasenta sehingga janin mendapatkan asupan lebih maksimal. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi dari sistem peredaran darah. Aliran darah pada ginjal juga menjadi lancar sehingga dapat mencegah pembengkakkan pada ibu hamil seperti pada kaki dan tangan.