Setelah Operasi, Bayi dengan Kelainan Lidah Kini Sudah Bisa Tersenyum

By Gisela Niken, Kamis, 19 Januari 2017 | 05:30 WIB
Kondisi bayi sebelum dan sesudah (Gisela Niken)

Nakita.id – Mungkin Mama mendengar sebuah kasus yang sempat beredar di media sosial. Seorang bayi yang lahir Jabalpur, India mengalami penyakit yakni Makroglosia. Aparajit Lohi, sang bayi menderita penyakit yang membuat lidahnya bengkak sangat besar sehingga menyebabkan dirinya terus menerus tersedak. Berkat operasi, kini anak tersebut sudah mulai bisa tersenyum.

Sebelumnya, para dokter memperkirakan bahwa Aparajit tidak akan hidup lama. Sang Mama, Mini Lodhi, mengatakan bahwa ia sendiri sangat merasa sedih melihat anaknya dengan kondisi tersebut sebab ia dalam kondisi terus-terusa menangis. “Aku tahu dia kesakitan dan juga lapar. Tapi aku tidak berdaya,” ujar sang Mama yang berusia 28 tahun.

Namun, sang Mama pantang menyerah dan tetap bertekad untuk menyelamatkan nyawanya. Sebelum menjalani operasi, anaknya menggunakan alat bantu pernapasan yang diperlukan untuk membuatnya tetap hidup. Empat hari setelah lahir, Aparajit pun melakukan operasi untu mengurangi besarnya lidah tersebut. Dr. Agarwal, direktur departemen bedah di sebuah rumah sakit Jabalpur mengatakan kondisi yang dialami Aparajit sangat langka yakni terjadi satu di 500.00 kelahiran hidup.

“Tidak hanya setelah lahir, bayi sebenarnya tidak bisa menelan apa-apa di dalam rahim. Setelah operasi, ia baru mampu menelan apapun untuk pertama kalinya,” ucap Dr. Agarwal. Operasi pun berlangsung dua jam sebab tim dokter harus mengangkat tumor pada lidahnya dan tidak meninggalkan sisa-sisa. Di saat yang sama, tim dokter harus berhati-hati agar lidah tidak kehilangan fungsinya.

Setelah operasi, Aparajit akhirnya mampu menerima sesuatu dari mulutnya. “Akhirnya saya bisa menyusui. Itu pertama kalinya dan sangat menikmati kebahagiaan sebagai ibu. Aku melihat senyum di wajahnya seperti malaikat. Kami sangat lega sekarang” tambah Mini.