Makanan untuk Mengatasi Aneka Gangguan Kehamilan

By Gisela Niken, Rabu, 25 Januari 2017 | 06:02 WIB
Ini Lo Ciri Mulas (His) Palsu (Ipoel )

Nakita.id – Selama kehamilan ibu hamil mungkin mengalami aneka gangguan seputar perut dan pencernaan. Beberapa gangguan yang umum terjadi antara lain morning sickness, diare, sembelit, dan mulas. "Mual muntah di pagi hari adalah salah satu dari tanda-tanda pertama kehamilan," tulis Dr. Miriam Stoppard dalam bukunya Conception, Pregnancy, and Birth, 2008. Aneka gangguan ini kerap membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Ia menganjurkan, kadar metabolisme yang mulai meningkat di awal kehamilan sebaiknya diimbangi dengan tambahan asupan protein dan kalori. Berikut beberapa makanan yang bisa Ibu konsumsi untuk mengatasi gangguan kehamilan yang kerap mengganggu ibu hamil.

Baca juga: Jangan sepelekan gangguan yang tidak disadari ini

1. Morning sickness

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon ternyata dapat membantu morning sckness. Jahe juga menjadi makanan yang dapat meringankan rasa mual saat hamil. Tidak hanya jenis makanannya, Mama juga perlu makan lebih sering dengan porsi kecil. Hal ini akan mencegah morning sickness tetapi tidak membuat berat badan naik berlebih. Hindari pula makanan yang berlemak, berminyak dan pedas.

2. Sembelit

Buah dan sayuran baik untuk Mama hamil yang mengalami sembelit. Terutama buah dan sayur yang mengandung serat tinggi. Salah satu buah dan sayur yang direkomendasikan adalah pepaya dan sayur bayam. Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dapat membantu mengatasi sembelit. Tak lupa perbanyak minum air putih setiap hari untuk melancarkan sistem pencernaan.

Baca juga: Daging Gulung Asparagus Menu Pencegah Sembelit Ibu Hamil

3. Diare

Ternyata diare bisa diatasi dengan kandungan makanan yang mengandung jenis serat pektin. Jenis serat ini ternyata dapat menyerap kelebihan air sehingga dapat mengurangi cairan yang keluar akibat diare. Beberapa makanan yang mengandung jenis serat tersebut antara lain apel, pisang, roti gandum dan oatmeal. Hindari makanan yang tinggi gas seperti kubis, kacang-kacangan dan kembang kol. Makanan dan minuman dengan pemanis buatan juga sebaiknya dihindari.

Baca juga: 5 tanda gangguan di trimester pertama

4. Mulas

Rasa mulas saat hamil bisa diatasi dengan porsi makanan yang kecil namun sering sepanjang hari. Hindari mengonsumsi kafein dan segala sesuatu yang pedas untuk mengatasi gangguan kehamilan ini. Mama juga perlu memperbanyak konsumsi cairan air putih. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi protein sangat baik untuk mengatasi mulas. Coba untuk mengonsumsi susu dan olahannya seperti smoothies, milkshake atau pudding.

Baca juga: 4-Gangguan-Pencernaan-Saat-Hamil