Sibuk Bikin Ibu Sehat. Mau Bukti?

By Heni Wiradimaja, Kamis, 9 Februari 2017 | 04:15 WIB
Sibuk ini itu setiap hari ternyata menyehatkan. (Heni Wiradimaja)

“Aduh, seminggu rasanya cepat sekali!” Sering merasa seperti itu ? Sibuk berkegiatan hingga lupa hari? Bisa jadi, justru sibuk seperti itu bikin Ibu tetap sehat. Buktinya, bila dibandingkan dengan mereka yang sering mengeluh bosan dengan hari-harinya, ternyata kualitas kesehatan orang yang sibuk tergolong lebih baik.

 

Asal tahu saja, mereka yang sering merasa bosan dan tidak bersemangat bekerja, punya risiko lebih besar untuk mengalami masalah jantung. Orang-orang yang punya masalah seperti itu punya karakter yang mirip, yakni jarang bergerak dan cukup sering mengonsumsi makanan-makanan tak sehat. Padahal, kedua kebiasaan ini tanpa disadari menjadi pencetus depresi dan munculnya berbagai keluhan sakit.

 

Maka, tetaplah menjadi orang yang aktif, karena sibuk justru bikin Ibu sehat. Penelitian membuktikan, terbiasa melakukan aktivitas fisik sejak usia muda dapat membuat hidup lebih panjang dan berkualitas. Termasuk, rutinitas berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain yang menuntut kita untuk banyak bergerak. Nah, inilah kuncinya: banyak bergerak. Jadi pilih  kesibukan yang membuat kitab anyak bergerak.

 

Bagaimana dengan kesibukan luar biasa yang membuat kita duduk terpaku dan sulit ke sana kemari? Imbangi dengan peregangan otot di lokasi kerja, atau bergeraklah dari waktu ke waktu di sekitar lokasi bekerja. Misalnya, ambil sendiri air minum di pantry dan jangan meminta pesuruh mengambilkannya. Berjalanlah ke meja rekan kita jika ada yang perlu dibicarakan ketimbang memanggil atau mengontaknya lewat HP. Semua ini akan memberikan manfaat yang tak terduga bagi tubuh hingga bertahun-tahun ke depan. Selain itu, simak apa saja kesibukan yang dianjurkan pakar kesehatan dan manfaatnya agar bikin Ibu sehat:

 

Bersih-bersih rumah

Menyapu, mengepel lantai rumah, dan mencuci piring ternyata mempunyai efek positif bagi kesehatan. Di antaranya meningkatkan denyut jantung dan kerja otot. Paling sedikit, lakukan 1-2 kali seminggu. Kalau bisa setiap hari tentu  lebih baik.

 

Jalan kaki sambil mendorong stroller

Ini adalah kegiatan olahraga paling murah dan minim alat. Siapa pun dapat melakukannya, termasuk saat kita harus mengajak bayi jalan-jalan. Manfaatnya melimpah, dari meningkatkan kesehatan fisik secara umum, menurunkan berat badan, menyehatkan pikiran, hingga dapat membantu menghilangkan stres. Singkat kata, jalan kaki memperpanjang usia hidup.  Apabila lantai di kantor tidak terlalu tinggi, biasakanlah naik dan turun tangga. Juga, berjalan kakilah jika tempat yang dituju  jaraknya kurang dari 500 meter. Panas? Gunakan saja payung.

 

Berkebun

Merawat tanaman menumbuhkan perasaan kasih sayang seperti halnya merawat hewan peliharaan. Curahan perhatian terhadap tanaman akan menghasilkan pertumbuhan yang optimal. Hasil ini tentu akan membawa kebahagiaan yang menyehatkan pikiran. Selain itu, kegiatan berkebun di pagi hari memberi kesempatan pada tubuh kita untuk terpapar sinar matahari yang baik bagi tulang.

 

Bersepeda dengan si kecil

Bersepeda di bawah sinar matahari selama 15 menit saja dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin D yang dibutuhkan dalam penyerapan kalsium oleh tubuh. Dengan begitu, kita akan terlindungi dari osteoporosis. Bersepeda selama setidaknya 30 menit setiap hari akan membentuk bokong seksi dan menguatkan kaki.

 

Pada dasarnya, kegiatan apa pun yang dilakukan dengan hati senang akan membuat kondisi kesehatan kita semakin baik. Jadi, tunggu apalagi? Syukuri kesibukan kita yang tiada habisnya mulai hari ini, sebab sibuk bikin Ibu sehat.