Mau Tumbuh Kembang Anak Optimal? Berikan 5 Macam Nutrisi Ini

By Gisela Niken, Kamis, 26 Januari 2017 | 05:08 WIB
Ini Nutrisi Agar Gigi dan Gusi Anak Kuat (Aris)

Nakita.id – Nutrisi menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Maka, penting bagi Ibu untuk memastikan nutrisi  tumbuh kembang anak berikut ini ada di dalam menu makanan dan minumannya sehari-hari.

Baca juga: Anak kekurangan nutrisi, waspada bahayanya!

1. Kalsium

Ternyata, kalsium sangat penting untuk membangun tulang dan gigi anak. Nutrisi ini penting mengingat asupan kalsium sangat dibutuhkan oleh anak yang tulangnya sedang tumbuh.  “Kalsium sangat penting untuk anak mengingat di usia ini mereka juga banyak bergerak menggunakan tulang,” ujar Jane M. Benton, MD, MPH, dokter spesialis anak di Melbourne, Australia. Kalsium juga dapat meningkatkan fungsi saraf dan otot. Kandungan yang ada di dalam susu ini dapat mengaktifkan enzim yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan kalsium tidak hanya ada pada susu. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga mengandung kalsium.

2. Zat besi

Zat besi ternyata penting untuk tumbuh kembang anak. Kandungan ini penting membuat hemoglobin pigmen merah pembawa oksigen dalam darah yang menyimpan oksigen dalam otot. Kekurangan zat besi jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan kognitif. Si kecil bisa mendapatkan asupan zat besi dari makanan yang kaya vitamin C sepeti jeruk, strawberry, pepaya brokoli, jeruk, melon dan tomat.

3. Magnesium

Mineral ini sangat baik untuk menguatkan tulang anak. Magnesium juga menjaga sistem kekebalan tubuh anak dan menjaga otot serta fungsi saraf. Kekurangan magnesium dapat membuat anak menjadi lemas dan kurang konsentrasi. Anak yang kekurangan magnesium juga mudah resah. Menurut Food and Drug Administration, Amerika, sebanyak 45 persen sumber magnesium dapat diperoleh dari sayur, buah, biji-bijian, serta kacang-kacangan. 

Baca juga: Apakah susu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi anak?

4. Vitamin C

Vitamin C ternyata sangat penting dan baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak karena dapat membantu perbaikan sel, tulang, dan jaringan lainnya. Vitamin ini akan membantu gusi anak tetap sehat dan meminimalkan memar karena jatuh. Sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat dengan bantuan vitamin C. Buah dan sayur setiap hari cukup memenuhi kebutuhan vitamin C.

5.Vitamin E

Mau anak tidak mudah sakit? Berikan makanan dengan kandungan vitamin E. Selain itu, vitamin E dapat membuat pembuluh darah terbuka dengan optimal sehingga darah mengalir dengan lancar. “Kandungan antioksidan dalam vitamin E akan melawan kerusakan sel sehingga mendukung tumbuh kembang anak,” ujar Vincent Iannelli, MD, seorang dokter peneliti di Yale University’s Prevention Research Center. Si kecil bisa mendapatkan nutrisi untuk tumbuh kembang anak ini dari wortel, kacang-kacangan dan tomat.