Agar Siap Mental Hadapi Persalinan

By Gisela Niken, Jumat, 27 Januari 2017 | 22:29 WIB
Rileks dan tenang menjadi cara agar bisa melahirkan normal (Gisela Niken)

Nakita.id – Ketakutan jelang melahirkan dirasakan oleh sebagian besar ibu, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama atau sebelumnya pernah mengalami persalinan yang traumatik. Namun, bukan berarti mental Ibu boleh didominasi oleh rasa takut dan khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu agar siap mental hadapi persalinan. Hal ini dapat membantu persalinan jauh lebih lancar.

Baca juga: Persiapan fisik sebelum melahirkan

Ternyata, sebagian besar masalah persalinan bisa jadi bersumber dari ketidaksiapan mental dan emosional seorang ibu saat hamil. “Faktor persiapan mental ini luput untuk diatasi masalahnya sedini mungkin, baik oleh sang ibu, keluarga maupun tenaga kesehatan yang mendampingi ibu selama kehamilan,” ujar dr. Aviasti Pratiwi Andayani, edukator persalinan di Galenia Mom& Child Center seperti yang termuat di tabloid Nakita edisi 837.

Hal yang kerap kali dikeluhkan adalah ketakutan bagi Ibu yang baru pertama kali melahirkan atau pernah mengalami trauma pada proses melahirkan sebelumnya. Mengikuti kelas persiapan melahirkan hingga berkonsultasi dengan dokter akan ketakutan yang dialami juga penting. “Ketakutan muncul akibat ketidaktahuan ibu mengenai proses yang dihadapi ditambah dengan informasi negatif yang didengar dari orang lain,” tambahnya.

Baca juga: Daftar persiapan suami jelang istri melahirkan

Meningkatkan fokus jelang melahirkan juga sangat penting untuk dilakukan. Terlalu banyak pikiran akan membuat Ibu jadi mudah panik. “Pikiran yang fokus akan membuat tubuh jadi lebih kuat, meningkatkan fleksibilitas dan memberikan stamina. Tak hanya itu, pikiran juga jadi lebih rileks. Salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan fokus antara lain yoga atau cukup mengatur napas,” ujar Carmela Catuti, L.P.N., seorang instruktur yoga khusus kelas prenatal di Boston, Amerika.

Siap mental hadapi persalinan juga bisa dilakukan dengan mengatur situasi kamar baik di rumah maupun rumah sakit agar terasa lebih nyaman. Misalnya mengatur cahaya kamar agar lebih redup, menggunakan bantal favorit atau mengenakan kaus kaki yang menenangkan. Musik dan aroma terapi juga jadi cara sederhana untuk membuat ibu hamil tenang dan relaks jelang melahirkan.