Agar Kehamilan Bisa Dijalani dengan Gembira

By Isma Anggritaningsih, Selasa, 31 Januari 2017 | 07:00 WIB
Perempuan yang merasa nyaman atau percaya diri pada tubuhnya akan merayakan segala perubahan yang dialami tubuhnya selama kehamilan. (Julie Erikania)

nakita.id – Pernahkah Ibu mendengar nama Ann Douglas? Ibu dari 4 anak asal AS ini adalah seorang penulis buku terkenal dan pembicara yang fokus pada isu parenting, Ma. Melalui salah satu bukunya yang berjudul The Unofficial Guide to Having a Baby, kita bisa belajar hal penting agar kehamilan bisa dijalani dengan gembira.

Dalam buku itu ditulis, perempuan yang merasa nyaman atau percaya diri pada tubuhnya akan merayakan segala perubahan yang dialami selama kehamilan, menantikan tantangan dalam proses persalinan, dan dengan rela menerima perubahan fisik serta emosional di masa setelah melahirkan.

Memang, sih, Ma, praktiknya tak semudah teori. Namun, bukan berarti kita tak bisa mewujudkan hal tersebut. Nah, untuk itu, American Pregnancy Association memberikan beberapa cara agar kita bisa gembira menghadapi segala perubahan selama kehamilan hingga setelah persalinan. Begini caranya!

Menanggapi hal ini, Dr. dr. Hermanto Tri Joewono, SpOG(K), MD dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya berpendapat, cara kita menyikapi berbagai perubahan selama kehamilan sangat bergantung pula pada bagaimana kondisi psikologis ibu hamil dan daya dukung dari suami serta keluarga. “Misalnya, kehamilan yang sangat ditunggu-tunggu akan lebih mudah menimbulkan sikap positif, kerelaan untuk mengalami keluhan-keluhan yang tidak menyenangkan, bahkan sangat mengganggu.”

Bagaimanapun, setiap ibu hamil akan mengalami banyak perubahan, seperti pada fisik dan psikisnya akibat perubahan hormonnal. Karena itu, wajar saja kalau aneka perubahan tersebut memicu munculnya perasaan khawatir hingga stres. Namun perlu Ibu ketahui, di balik perubahan yang kerap mendatangkan rasa tak nyaman itu, tersimpan beragam manfaat untuk ibu dan janin. Yuk, telusuri manfaatnya agar perubahan terasa nikmat. Simak selengkapnya di rubrik KEHAMILAN tabloid nakita edisi 931, terbit Rabu, 1 Februari 2017. Nah, selamat menikmati kehamilan! Seperti kata Dr. dr. Hermanto, untuk memahami apa yang terjadi selama kehamilan, banyak-banyaklah  membaca dan bertanya.