Menantang, Nih! Kompetisi untuk Ibu yang Suka Memasak Mi Instan

By Dini Felicitas, Rabu, 1 Februari 2017 | 06:45 WIB
Taco Mie Rendang (Dini Felicitas)

Nakita.id - Belum lama ini Nakita menggelar sebuah survei di Facebook, dengan melontarkan pertanyaan: "Makanan apa yang menjadi andalan Ibu saat anak susah makan?" Jawaban yang didapat begitu beragam, namun mi instan menjadi jawaban terbanyak (28% dari jumlah peserta). Sisanya, ada sosis, nugget, fried chicken, dan lain-lain termasuk teh manis, makanan manis, bahkan seblak.

Jawaban ini sepertinya tidak mengherankan, membuktikan memang banyak dari kita yang gemar mengonsumsi mi instan. Kalau ayah ibunya suka mi instan, hampir tak mungkin si anak tidak suka makanan yang sama. Masalahnya kemudian, bagaimana caranya agar anak tidak hanya mendapatkan karbohidrat dari kudapan tersebut. Ibu pun menggunakan bahan-bahan lain seperti sawi, tomat, bakso, sosis, atau telur, untuk memberikan protein, vitamin, dan serat.

Nah, kalau Ibu bosan membuat mi instan dengan cara yang itu-itu saja, coba olah mi instan menjadi hidangan yang sama sekali baru. Mungkin menjadikan mi instan sebagai pizza? Spageti, atau burger? Dengan mengolahnya lebih jauh, anak bukan saja bisa menikmati variasi makanan, tetapi juga mendapatkan nutrisi lebih banyak.

Ibu juga berkesempatan untuk memamerkan kreativitas mengolah mi instan dalam kompetisi membuat resep unik mi instan. Ajang adu bikin resep unik yang diberi nama #IndomieUniqmie ini digelar dalam rangka merayakan 45 tahun Indomie di Indonesia. Kirimkan resep Indomie yang unik dan belum pernah ada, bisa berupa makanan Indonesia, makanan internasional, atau gabungan keduanya, ke www.indomie.com/uniqmie. Adakah syarat-syarat lainnya?

Resepnya tentu harus berbahan dasar Indomie, dengan tetap memperlihatkan bentuk dan tekstur asli Indomie, serta menggunakan bahan-bahan makanan yang halal. "Penilaiannya nanti berdasarkan kreativitas resep, rasa makanan, dan penyajiannya," tambah Julia Atman, General Manager Marketing Noodle Division PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), saat media gathering di Almond Zucchini Cooking Studio, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (2/2).

Untuk meramaikan kompetisi ini, Indomie mengajak aktor Nicky Tirta yang memang dikenal gemar memasak. Kalau Ibu masih ingat, pria berusia 33 tahun ini dulu pernah memiliki cooking show berjudul "Dapur Nicky" di Kompas TV. Cukup lama acara itu ditayangkan, yaitu mulai 2012-2014.

Taco Mie Rendang

"Kesukaan memasak ini sebenarnya bukan tiba-tiba. Dari SMA aku suka memasak karena tinggal di luar negeri. Kalau enggak memasak sendiri harus beli, tapi kan jadi boros. Kebetulan waktu itu ada acara tutorial cooking show pas jam prime time. Aku jadi makin yakin bahwa passion-ku memang di situ. Aku pikir, someday aku mau punya acara masak sendiri. Aku catat tuh di komputerku. Itu yang mengiringi tekadku untuk menjadi home chef dan punya acara sendiri yang bisa menginspirasi orang lain untuk memasak," tutur ayah satu anak yang sempat kuliah memasak di Australia ini.

Kebetulan pula, Nicky sejak dulu ingin menciptakan masakan baru yang berangkat dari rasa atau masakan yang sudah ada. Masakan itu lalu ia gabungkan dengan bahan dasar mi instan sehingga tercipta masakan baru yang enak. Awalnya ia membuat 10 resep, tetapi kemudian Indomie memilih tiga resep yang dianggap terbaik, yaitu Somay Indomie, Indomie Carbonara Panggang, dan Teriyaki Indomie Cup.

Tips dari Nicky jika Ibu ingin mengikuti kompetisi resep unik mi instan ini, "Jangan berkreasi dengan makanan yang itu-itu saja. Think out of the box. Gabungin dengan masakan yang sudah ada, tapi perhatikan juga rasa dan penyajiannya," katanya.

O ya, kompetisi ini dibuka untuk siapa saja, kok. Ibu juga tak perlu buru-buru mengirimkan resep, karena kompetisi ini berlaku mulai 23 Januari hingga 23 April 2017.