Minum Air Hangat Campur Madu dan Perasan Lemon Setiap Pagi, Ini Manfaatnya yang Tak Terduga!

By Gisela Niken, Kamis, 2 Februari 2017 | 03:51 WIB
Minum air lemon dan madu sangat bermanfaat untuk tubuh. (Gisela Niken)

Nakita.id – Mengawali hari dengan hal yang baik tentu berdampak baik pula bagi kesehatan. Seorang perempuan sekaligu penulis buku dan blogger, Crystal Davis berbagi kisah suksesnya dalam memulai hari. Perempuan asal Australia ini berbagi kisah bagaimana ia rutin selama satu tahun mengonsumsi air hangat yang dicampur madu dan perasan lemon. Ia memaparkan berbagai manfaat yang didapat berkat melakukan rutinitas tersebut.

Baca juga:  Minum air lemon hangat memang menyehatkan, tetapi ada cara yang lebih sehat

1. Tidak sakit flu berat atau bermasalah dengan perut selama satu tahun

Davis memaparkan, ia tidak pernah mengalami keluhan penyakit langganan seperti flu atau sakit perut. Meskipun ia merasa ada tanda awal dari penyakit tersebut,  nyatanya keluhan yang ia dapat  tidak pernah berlangsung hingga berhari-hari. Ia juga tidak pernah mengeluh bermasalah dengan pencernaan atau sakit pada perutnya. Sehatnya madu didapat antara lain dari zat anti-bakteri yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, tubuh melakukan pembuangan racun pada pagi hari. Agar pembuangan racun optimal, konsumsi madu dan lemon di pagi hari bisa membantu. Campuran madu dan lemon juga menghasilkan senyawa yang baik untuk melancarkan pencernaan.

2. Lebih berenergi di pagi hari

Bangun di pagi hari menjadi hal yang sulit bagi banyak orang. Davis mengaku, konsumsi madu dan lemon membuatnya menjadi morning person alias bisa bangun pagi  tanpa mengantuk. Kini, ia juga tak perlu mengonsumsi kopi agar matanya terbuka setelah bangun pagi. Sebuah riset yang dilakukan oleh National Honey Board mengungkapkan, madu bisa memberikan energi tambahan di pagi hari. Kandungan 17 g karbohidrat dalam sesendok madu akan langsung masuk ke aliran darah dan menghasilkan energi segera.

Baca juga: Konsumsi es bikin gendut?

3. Meningkatkan kualitas tidur

Tidak hanya baik untuk mendapatkan kebugaran di pagi hari, madu dan lemon juga akan berdampak positif pada kualitas tidur malam hari. Rene Ficek, seorang ahli gizi di Seattle Sutton's Healthy Eating, Chicago mengungkapkan madu dapat melepaskan serotonin, zat  penghantar pada saraf yang meningkatkan kebahagiaan. “Tubuh akan mengubah serotonin menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur kualitas tidur,” ujarnya.

Baca juga: Aneka resep minuman pelancar ASI

4. Jadi awet muda

Lemon dan madu kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. “Hal ini akan membantu meringankan bintik hitam pada kulit akibat  kerusakan oleh sinar matahari,” ujar Marina Peredo MD, seorang dokter kulit. Minuman sehat ini dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengurangi sensitifitas akibat sinar matahari sehingga kulit tetap sehat dan awet muda.