Tip Aman Memandikan Batita yang Ibu Belum Tahu

By Avrizella Quenda, Kamis, 2 Februari 2017 | 08:00 WIB
Tip aman memandikan batita (Avrizella Quenda)

Tabloid-Nakita.com - Aktivitas  mandi biasanya menjadi hal menyenangkan untuk batita karena ia dengan leluasa bermain air tanpa harus mengotori rumah. Waktu mandi juga merupakan waktu berkualitas antara anak dan Ibu. Tetapi Ibu jangan lengah, tetap perhatikan keselamatan anak saat mandi. Ya, mandi tidak hanya membuat tubuh anak bersih, tapi juga harus aman. Sebab, ada berbagai hal yang dapat mengancam nyawa anak saat mandi. Agar dampak negatif tidak terjadi, mari kita simak tip memandikan yang aman dan  menyenangkan berikut ini:

1. Aturan pertama dan paling penting adalah jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan, bahkan untuk satu menit. Anak-anak bisa tenggelam dalam takaran air kurang dari dua setengah sentimeter. Tinggi air yang rendah tapi dapat mengancam nyawanya. Kemudian kumpulkan terlebih dahulu semua persediaan (sabun, handuk, dan lain-lain). Bila memang dirasa ada waktu genting seperti ada tamu datang atau telepon berdering, sebaiknya keringkan anak terlebih dahulu dengan handuk dan ajak bersama mama.

2. Jangan menaruh anak mama ke dalam bak mandi ketika air masih menyala karena suhu air yang sewaktu-waktu bisa berubah.

3. Buatlah bathtub yang aman digunakan sekeluarga, apalagi bagi si kecil. Jangan memasang permukaan lantai kamar mandi yang licin, karena anak bisa mudah terpeleset. Mama juga bisa mengganti penutup keran yang ujungnya diberi pelindung yang empuk sehingga dapat melindungi kepala anak.

4. Mandikan anak dengan suhu air hangat, yakni sekitar 32 sampai 37 derajat C.

5. Jangan terlalu mengisi banyak air di bak mandi atau setidaknya kurang dari ukuran pinggang anak saat posisi duduk.

6. Untuk anak-anak yang sudah bisa duduk sendiri dalam bak mandi, ada baiknya bila Ibu siap siaga mengawasi dan memegangi anak apabila sewaktu-waktu terpeleset.

7. Ajarkan anak untuk duduk (tidak berdiri) ketika berada di bak mandi.

8. Sabun, sampo, dan mandi gelembung dapat membuat kulit anak menjadi kering dan menyebabkan ruam, jadi gunakan dengan hemat. Sabun dan sampo juga dapat mengiritasi uretra yang dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Gunakan waktu bermain dan berendam anak ketika mandi di awal, lalu memberikan sampo dan sampo di akhir.

9. Mengatur pemanas air ke 49 derajat celcius (120 derajat F). Jangan biarkan suhu air berlebih karena akan membahayakan anak.

10. Jangan biarkan anak mama menyentuh gagang keran karena dapat menyebabkan cedera serius. Sebaiknya setelah mengisi bak dengan air, jauhkan dari lokasi gagang keran.

11. Jauhkan peralatan listrik (seperti pengering rambut dan pengeriting rambut) dari bak mandi.