Bisa Kok Mengajarkan Kreativas Sejak Bayi

By Avrizella Quenda, Kamis, 2 Februari 2017 | 09:00 WIB
Bermain Yang Menyehatkan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Siapa yang tidak bangga memiliki bayi sehat, pintar pula. Bayi yang pintar tidak didapat dengan percuma tapi tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Semua bisa, asalkan orangtua turut aktif dalam proses daya kembang si kecil.

"Orangtua adalah hal yang paling penting dalam lingkungan bayi. Tidak ada yang lebih efektif untuk merangsang kreativitas dari bermain dengan orangtua, " pungkas Mona Delahooke, Ph.D., seorang psikolog anak.

Membangun kreativitas sejak bayi adalah dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak di masa depannya. Kunci utamanya ialah mengenal lebih baik fungsi alat indra bayi. Ketika bayi memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi segala hal melalui indra mereka, mereka melihat eksplorasi sebagai hal menyenangkan dan inilah yang membantu bayi menjadi lebih kreatif nanti.

Baca juga: 10 Ide Lucu dan Kreatif dalam Mengasuh Anak yang Patut Dicoba

Mama bisa mencoba cara-cara sederhana untuk meningkatkan kreativitas bayi di rumah. Berikut Tipnya:

1. Bermain dengan Cara Bayi.

Coba saat di waktu santai, Ibu perhatikan dengan baik reaksi bayi ketika mendikte kegiatan selama bermain. Kenapa? Karena hal ini adalah salah satu cara cerdas untuk meningkatkan kreativitas bayi. Jika dia tersenyum, atau cekikikan, berikan hal lebih dari apa yang ia senangi. Misalnya anak senang dengan suara mainan tertentu, sehingga bila suara itu terdengar, bayi akan langsung tertawa. "Ketika bayi sedang bersenang-senang, mereka yang paling peka terhadap jendela kreativitas dan cepat belajar," jelas Mona. Tapi jangan berlebihan. Si kecil butuh istirahat jika ada tanda-tanda dia memalingkan kepala atau mulai mengernyitkan dahinya.

Baca juga: Anak dengan Nama Unik Bakal Lebih Kreatif

2. Libatkan Seluruh Indranya

Usahakan Ibu melibatkan semua indra bayi dengan dekorasi yang berbeda. Lupakan warna-warni pastel karena bayi tidak bisa melihat warna sampai mereka berusia antara 4 dan 6 bulan. Pilih garis-garis hitam dan putih atau pola dengan warna terang dan kontras gelap. Penelitian menunjukkan, otak bayi mendapat sinyal visual yang kuat dari warna kontras, hitam dan putih untuk meningkatkan kekuatan otak. Ibu juga bisa mengenalkan tekstur benda pada bayi dengan mengajarkan bayi menyentuh barang-barang. Misalnya mengenal tekstur kapas, bulu, dan sebagainya.

Baca juga: Suasana Rumah yang Mendorong Anak Jadi Kreatif

3. Membuat wajah.