10 Inspirasi agar Waktu Makan Anak Menjadi Lebih Menyenangkan

By Avrizella Quenda, Jumat, 3 Februari 2017 | 09:00 WIB
Kiat Mengatur Jadwal Makan Bayi yang Tepat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com - Ibu perlu bersikap kreatif agar anak gampang makan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membangun suasana menyenangkan. Ibu bisa siapkan alat perlengkapan makan favorit si kecil atau ritual-ritual keluarga yang bisa dipraktikkan. Dilansir dari essentialbaby.com, mereka (Tim Essential Baby) meminta para fans page di media sosial Facebook menceritakan pengalaman para ibu tentang apa saja usaha yang telah mereka lakukan untuk menciptakan suasana waktu makan anak menjadi lebih menyenangkan, termasuk ritual keluarga. Berikut adalah beberapa jawaban mereka yang sekiranya mampu menginspirasi.

1. Makan bersama sekeluarga

Tiada yang paling menyenangkan selain bisa berkumpul bersama keluarga di meja makan, membicarakan banyak hal menyenangkan. Hal ini juga menjadi penting bagi anak agar lebih akrab dengan semua anggota keluarganya.

"Kami memastikan bahwa kami semua duduk di meja makan bersama-sama. Bayi kami senang bisa menjadi bagian dari makan bersama keluarga dan saudara besar. Ini berarti saya dan suami saya makan lebih awal dari biasanya, tapi itu sepadan ketika kita mendapatkan bahwa keluarga menanti. "

2. Pilih satu set perlengkapan makan yang menarik

Kini mama bisa mencari pernak-pernik makan anak, mulai dari gelas sampai garpu yang disukai anak. Hal ini akan mendorongnya untuk mau makan. "Kami hampir 2 tahun memiliki piring, mangkuk, cangkir, garpu dan sendok yang cocok, dan dia tahu itu miliknya dan hanya digunakan untuk waktu makan."

3. Beri tatakan makanan yang bergambar lucu

Anak-anak lagi senang melihat gambar-gambar lucu, seperti hewan, atau kartun favoritnya. Dengan memberinya tatakan sesuai yang dia suka, otomatis makannya akan menjadi lebih lahap.

"Anakku mencintai tatakan khusus nya. Tidak peduli apa peralatan makan nya, asalkan dia memiliki gambar beruang di tatakannya!"

4. Belikan gelas khusus

Sama seperti di atas, gelas pun bisa menjadi pilihan mama agar anak rajin minum. "Putri saya perlu gelas yang sama, diisi dengan air dan diletakkan di mejanya setiap malam. Ini jauh lebih mudah untuk mendorongnya minum jika berada sesuai tempatnya."

5. Ritual cheers dan bersorak