Riset: Kepala Bayi Lebih Besar Pertanda Cerdas

By Avrizella Quenda, Jumat, 3 Februari 2017 | 09:15 WIB
Kepala bayi besar pertanda cerdas (Avrizella Quenda)

Tabloid-Nakita.com - Bila seorang bayi memiliki ukuran kepala sedikit lebih besar dari ukuran rata-rata kepala bayi pada umumnya, bisa dikatakan bayi tersebut lebih cerdas. Mitos atau fakta? Berikut jawabannya. 

Umumnya, ukuran kepala bayi rata-rata untuk bayi laki-laki adalah 36 cm dan bayi perempuan sekitar 35 cm. Nah, jika Ibu punya bayi dengan ukuran kepala di atas lebih besar bisa jadi anak memiliki tingkat kecerdasan lebih baik.

Baca juga: 10 Cara agar Bayi Cerdas. Ternyata caranya gampang, lo

Menurut para ilmuwan yang telah mempelajari hubungan antara gen, IQ dan kesehatan umum menyatakan bahwa ukuran kepala bayi bisa memprediksi seberapa pintar mereka. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry membandingkan "lingkar kepala bayi" terhadap skor tes kognitif kepada lebih dari 100.000 warga Inggris dan hasilnya menemukan bahwa semakin besar kepala anak itu, semakin cerdas pula mereka.

"Selain dibagikan dari pengaruh genetik, antara keterampilan kognitif dan beberapa kesehatan fisik dan mental, studi ini juga menemukan bahwa keterampilan kognitif memberi pengaruh genetik dengan ukuran otak, bentuk tubuh dan pencapaian pendidikan," ujar Profesor Ian Deary dari Universitas Edinburgh.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Agar Bayi Cerdas

Tidak hanya itu, namun para peneliti juga mengumpulkan sampel urin, darah dan air liur (serta disusun latar belakang masing-masing peserta dan kebiasaan gaya hidup) untuk menilai bagaimana kesehatan umum mereka yang terkena dampak kecerdasan.

"Studi ini (juga) mendukung teori yang ada, yang mengatakan bahwa orang-orang dengan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi," kata peneliti Saskia Hagenaars, seperti dilansir Cosmopolitan. "Sebuah tengkorak besar hanya bisa menjadi cerminan lebih besar dari rata-rata kepala ibu atau ayah. Satu hal yang pasti, itu bukan merupakan indikasi gangguan atau cacat," tegas dari para ahli. Namun, dalam kesempatan langka, besar kepala bisa berarti masalah pada tengkorak yang lebih serius, tetapi jika Ibu khawatir, konsultasikan saja dengan dokter.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan