Warna Merah adalah Warna Pertama yang Mampu Dilihat Bayi

By Avrizella Quenda, Sabtu, 4 Februari 2017 | 09:00 WIB
Kemampuan melihat bayi baru lahir (Avrizella Quenda)

Tabloid-Nakita.com - Penasaran enggak sih Bu, bagaimana kemampuan penglihatan bayi usai ia dilahirkan, bagaimana saat melihat ayah dan ibunya, apakah bayi bisa melihat dengan jelas, buram, atau hanya gelap? Ada alasan yang masuk akal mengapa para bayi membuat orangtua menunggu selama berbulan-bulan untuk melihat senyuman mereka yang pertama. 

Serangkaian gambar yang telah dikembangkan oleh seorang ahli bedah mata Dr Romesh Angunawela dari Clinic Compare menguraikan secara rinci apa yang bayi lihat, dari bayi yang baru lahir hingga menginjak usia satu tahun. Sementara janin dapat mendeteksi cahaya dan kegelapan dari rahim, bayi lahir dan melihat dunia dalam warna hitam, putih dan abu-abu. Hal ini karena sel-sel saraf di retina dan otak yang mengontrol penglihatan tidak sepenuhnya berkembang pada tahap ini.

Beberapa minggu kemudian, bayi akan melihat warna untuk pertama kalinya. Dikatakan bahwa warna merah merupakan daftar warna pertama yang dikenal oleh mata bayi. Disusul dengan warna oranye, hijau dan kuning. Karena panjang gelombang dari cahaya biru yang lebih pendek, maka warna seperti biru dan ungu cenderung membutuhkan lebih banyak waktu, yakni sekitar tiga bulan.

Dr Romesh Angunawela mengatakan "Bayi mulai belajar untuk memproses banyaknya informasi visual saat mereka membuka mata untuk pertama kalinya."

"Awalnya mata seorang bayi bisa bergerak dengan leluasa karena kurangnya koordinasi, tapi ini berlangsung cukup cepat karena dalam waktu waktu tiga bulan mereka sudah dapat membedakan wajah ibu dan ayah secara lebih jelas.”

"Ini mungkin bertepatan dengan senyum pertama mereka sebagai koordinasi otot wajah yang juga mengembangkan kecepatan," tambahnya. Nah, tinggal menunggu waktu bagi para orangtua agar bisa secepatnya melihat si kecil tersenyum. Saat lahir, bayi melihat sesuatu dengan lebih jelas antara delapan hingga sepuluh cm, tapi jangkauan penglihatan mereka akan semakin luas ketika nanti mereka tumbuh, seiring dengan bertambahnya usia si kecil.

Persepsi kedalaman mereka juga meningkat sebagai kemajuan tiap bulan dan pada saat mereka merangkak di usia 8-10 bulan, koordinasi tangan-mata mereka mulai meningkat dan mereka dapat meraih serta mengambil benda yang lebih kecil.

Dr Romesh mengatakan: "Korteks visual otak membutuhkan hampir sepertiga dari seluruh otak dan mulai belajar untuk memproses banyak informasi visual mulai dari saat bayi Anda membuka mata mereka untuk pertama kalinya."

Para ahli juga merekomendasikan untuk memberikan kesan warna-warni berani, warna-warna cerah, warna pastel dan bentuk yang kontras sebagai dekorasi atau peralatan bayi di kamar si kecil untuk melatih indra penglihatannya.