Resep Aman dan Alami Atasi Flu Pada Bayi

By Avrizella Quenda, Selasa, 7 Februari 2017 | 07:30 WIB
Flu dan Pilek Pada Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kondisi bayi baru lahir masih sangat lemah, sistem kekebalan tubuhnya juga tidak cukup kuat, membuat mereka rentan terhadap berbagai penyakit. Apalagi sekarang musim hujan, penyakit seperti batuk, pilek, dan flu akan mudah menjangkit si kecil. Untuk mencegahnya, lakukan hal ini, Bu!

Dalam satu tahun, diperkirakan bahwa bayi yang terserang flu sebanyak 7 anak. Bayi yang minum susu botol biasanya mudah mengalami flu dan sakit daripada bayi yang diberi ASI. Namun, semua bayi akan sakit di beberapa waktu tertentu.

Baca juga: Flu dan Pilek Pada Bayi

Bayi yang baru lahir sangat sensitif dan membutuhkan perawatan ekstra selama musim hujan, terutama jika bayi ada di sekitar anak-anak lain yang sakit flu atau orang yang tidak mencuci tangan kemudian menyentuhnya. Ada obat alami yang efektif melindungi bayi ibu dari flu. Sayangnya, beberapa kondisi bayi tidak memungkinkan, seperti bayi yang baru lahir.

Jadi, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah tertentu untuk memastikan bahwa bayi tetap sehat selama musim hujan untuk menghindari flu dan dingin. Oh ya! Obat ini bisa kok dibuat sendiri oleh ibu di rumah, dijamin alami dan tidak membuat kantong bolong.

Baca juga: Bayi Batuk-batuk dan Napasnya Berbunyi. Dikira Kena Flu, Ternyata inilah yang Terjadi..

Resep Untuk Menyiapkan Obat

Bahan yang diperlukan: •    Segelas air hangat •    1 sdm garam •    Nasal Dropper (tersedia di toko/apotek kesehatan)

Obat rumah ini sangat aman untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir sebagai langkah mencegah dan mengobati flu. Obat ini juga berfungsi menjaga bayi tetap hangat dan terhidrasi. Campuran air hangat dan garam dikenal sebagai infant nasal saline yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan lapisan mukosa di saluran pernapasan bayi, sehingga mengurangi hidung mampet. Larutan garam ini juga dapat membunuh mikroba yang bisa menyebabkan pilek atau flu pada bayi, sehingga mencegah penyakit ini.

Baca juga: Bahan Alami Obat Flu Ringan

Metode Menyiapkan dan Menggunakan Obat:

Panaskan segelas air dan tambahkan satu sendok makan garam ke dalamnya. Sekarang, tunggu sampai air benar-benar tercampur. Ambilah Nasal Dropper dan teteskan 2 kali larutan secara perlahan ke dalam lubang hidung bayi. Metode ini hanya dapat diberikan 1-2 kali sehari, sampai gejala flu bayi telah mereda.

Namun bila ibu terlalu khawatir dengan cara pengobatan ini, cara lainnya ialah dengan tetap memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga kondisi bayi membaik. Selain itu berikan bayi vaksinasi secara berkala untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dengan baik.