Langkah Mudah untuk Atasi Ketombe dan Rambut Berminyak

By Gisela Niken, Kamis, 9 Februari 2017 | 03:30 WIB
Menghilangkan ketombe secara alami bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah. (Gisela Niken)

Nakita.id – Banyak yang bilang mahkota perempuan ada pada rambut. Maka tak heran banyak Ibu yang melakukan berbagai usaha agar rambut tetap terlihat indah dan terbebas dari masalah sepeti ketombe dan minyak berlebih. Jika punya masalah dengan rambut berminyak dan ketombe, Ibu bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Gunakan lemon.

Kandungan asam nitrat dalam lemon ternyata mampu melepaskan dan melenyapkan ketombe dari rambut. Ibu bisa mencampur perasan lemon dengan sedikit air untuk mengurangi kerasnya sifat asam. Selain itu, air bisa diganti dengan minyak kelapa atau zaitun untuk memberikan efek pelembap bagi kuit kepala. Bubuhkan campuran lemon ini sepuluh menit sebelum keramas di kulit kepala sambil dipijat lembut. Setelah itu keramaslah dengan sampo dengan kandungan bahan kimia yang ringan dan tidak menambah lapisan ketombe. 

Baca juga: 2 kiat agar rambut bayi lebat

Bagaimana dengan kulit kepala yang berminyak? Minyak berlebih di kulit kepala menandakan aktifnya kelenjar sebaceous mengeluarkan cairan berminyak yang disebut sebum. Lemon akan menyerap minyak berlebih namun tidak memengaruhi kerja kelenjar sebaceous ini. Cobalah untuk mengusapkan air perasan lemon sebelum keramas untuk mendapatkan hasil maksimal agar rambut tak lagi berminyak.

2. Pola makan yang tepat.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Dermato Endocrinology menunjukkan bahwa makanan yang kita makan dapat memengaruhi kelenjar sebaceous, yang memproduksi minyak pada rambut. Mengurangi konsumsi lemak tidak sehat dan karbohidrat dengan kandungan gula yang tinggi dapat menurunkan produksi sebum dari kelenjar ini. Ibu bisa memilih asupan lemak yang lebih sehat, misalnya dari asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan.

Baca juga: Rambut rontok saat hamil, ini penyebabnya!

3. Cukup minum air.

Ternyata, ada hubungannya antara asupan air dengan kesehatan rambut. Asupan air yang cukup akan mencegah kulit kering. Kulit kering akan menyebabkan masalah rambut khususnya ketombe. Maka, usahakan kulit kepala mendapatkan kelembapan dengan minum paling tidak 2 liter air sehari dan bantuan pelembap alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, dan aneka minyak esensial.

Baca juga: Nanas ampuh melawan ketombe dan rambut rontok

4. Tetap relaks.

Siapa sangka sikap relaks sehari-hari dapat mengusir masalah rambut seperti ketombe dan rambut berminyak. Alan Dattner, MD, dermatologis di New York mengungkapkan depresi dan kecemasan sangat terkait dengan meningkatnya ketombe dan masalah kulit kepala lainnya. Cobalah untuk tetap tenang dan mengusir kecemasan yang berlebihan dengan cara-cara sederhana seperti bertemu sahabat, bersenda gurau, yoga, dan berjalan santai.