Ini Kunci Sukses Menghilangkan Lemak di Perut

By Gisela Niken, Kamis, 9 Februari 2017 | 03:00 WIB
Kurus tapi Perutnya Berlemak, Kok Bisa? (Dini)

Nakita.id – Perut buncit karena lemak menjadi masalah yang kerap dikeluhkan para Ibu, khususnya setelah melahirkan. Tak perlu bingung bagaimana caranya mengembalikan bentuk perut ke ukuran semula! Ini dia beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk menghilangkan lemak di perut.

1. Mengurangi konsumsi gula.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Investigation menunjukkan bahwa kelebihan gula dapat menyebabkan peningkatan akumulasi lemak di perut. Hal ini disebabkan jumlah fruktosa yang ada di dalam gula. Peningkatan lemak ini juga menyebabkan masalah metabolisme. Untuk itu, kurangi asupan gula melalui minuman manis. Ganti asupan gula dari buah-buahan yang juga kaya akan vitamin dan serat.

Baca juga: Hilangkan 1 cm lemak di perut dengan minuman berikut ini

2. Perbanyak konsumsi protein.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Health and Exercise Science, University of Oklahoma mengungkapkan orang yang banyak makan protein akan lebih sedikit memiliki lemak di perut. Studi lain yang dilakukan di Denmark mengungkapkan protein dapat mengurangi risiko penumpukan lemak perut. Jadi, Ibu bisa memperbanyak konsumsi ikan, kacang-kacangan (dipanggang), daging merah tanpa lemak,  telur (tidak digoreng atau dicampur mentega), dan produk susu untuk mencapai asupan protein yang baik.

Baca juga: 5 tanda Ibu menyimpan lemak di perut

3. Tidur dengan cukup.

Menghilangkan lemak di perut ternyata tidak hanya terkait dengan jenis makanan yang masuk ke tubuh.  Sebuah studi yang dilakukan Wake Forest University study mengungkapkan cukup tidur saat malam hari sangat berpotensi menurunkan kandungan lemak dalam tubuh. Lalu, berapa lama Ibu harus cukup tidur? National Sleep Foundation di Amerika merekomendasikan orang dewasa untuk tidur antara 7 hingga 9 jam per hari.

Baca juga: Ini resep menghilangkan lemak di perut dan paha dalam dua minggu

4. Minum teh hijau

Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau sangat baik untuk menghilangkan lemak di perut. Antioksidan yang bernama catechin ini membantu pembakaran lemak di perut saat berolahraga. Tidak hanya baik untuk tubuh, teh hijau juga memberikan ketenangan. Stres juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah lemak di dalam tubuh.

Ternyata, ada banyak cara sederhana yang bisa Ibu lakukan untuk menghilangkan lemak di perut. Tak lupa seimbangkan langkah-langkah di atas dengan hidup aktif dan olahraga cukup agar pembakaran lemak khususnya di perut berjalan dengan lancar.