Ini yang Sering Bikin Bayi Belum Bisa Duduk Tegak di Usia 7 Bulan

By Irene Harris, Kamis, 23 Februari 2017 | 06:00 WIB
Bagaimana cara menstimulasi bayi untuk duduk? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Meski sudah masuk usia 7 bulan, bayi Mama ternyata masih belum bisa duduk tegak atau merangkak. Apakah Mama harus cemas jika bayi belum bisa duduk di usia tersebut?

Tidak perlu, Ma! Sebab, setiap bayi sebenarnya memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. "Apalagi jika Mama membandingkannya dengan bayi dulu," kata Heidi E. Murkoff, penulis buku bestseller What to Expect When You're Expecting.

Karena takut bayi mengalami sindrom kematian mendadak (Sudden Infant Death Syndrome-SIDS), banyak ibu sekarang yang lebih suka menidurkan bayinya dalam posisi telentang, bukannya tengkurap. Ini membuat bayi jadi butuh waktu lebih lama untuk berkembang dan mengasah keterampilannya, dibandingkan Mama waktu bayi dulu.

"Kesempatan bayi untuk 'latihan' juga lebih sedikit, mengingat bayi sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di dorongan, kursi mobil, ayunan, hingga baby walker," kata Heidi lagi.

Dengan kurangnya waktu latihan, tidak heran bila bayi Mama belum bisa mencapai perkembangan yang diharapkan untuk usianya. Bagaimana dia bisa duduk, bahkan merangkak, jika selama ini tidak diberi kesempatan untuk berlatih? Selain itu, bayi yang memiliki berat badan lebih besar juga butuh waktu lebih lama untuk belajar duduk. Tidak mudah bagi bayi yang bertubuh besar untuk menjaga keseimbangan saat berusaha duduk, dia pasti akan cenderung berguling kembali.

Jika teori perkembangan umum menyatakan rata-rata bayi sudah bisa duduk di usia 6,5 bulan, Mama boleh menunggu hingga beberapa bulan kemudian. Sebagian bayi memang sudah bisa duduk di usia 6,5 bulan, namun ada juga bayi yang baru bisa duduk di usia 9 bulan.

Untuk masalah merangkak pun demikian. Sebagian bayi bisa melewati fase merangkak dan langsung belajar berjalan. Jangan lupa, Ma, bayi yang baru bisa duduk bukan berarti akan segera merangkak. Usia rata-rata untuk merangkak adalah sekitar 9 bulan. Jika bayi Mama baru bisa duduk menjelang 9 bulan, jangan terlalu berharap dia akan langsung merangkak beberapa minggu setelahnya! Bayi Mama perlu banyak waktu untuk berkembang dan untuk itu Mama harus lebih banyak bersabar.

Jadi, tidak perlu cemas jika bayi Mama masih belum bisa duduk atau merangkak. Selama Mama mau memberinya kesempatan untuk 'latihan' sesuai dengan keinginannya, nantinya bayi pasti akan bisa duduk juga.