5 Kiat Menidurkan Bayi Sesuai Usia

By Avrizella Quenda, Kamis, 23 Februari 2017 | 04:15 WIB
Paling baik jika bayi tidur di dada ibunya. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Membuat bayi cepat tertidur memang bukan pekerjaan mudah. Ibu harus tahu sebab si kecil susah tidur dan solusi yang tepat untuk menghadapi bayi yang lebih banyak rewel sebelum pergi tidur, terutama saat malam hari. Berikut 5 kiatnya yang disesuaikan dengan usia bayi:

Untuk Bayi Baru Lahir

1. Waktu Menyusui

Bayi yang diberi ASI eksklusif dapat tidur lebih baik. "Di malam hari, ASI mengandung tingkat hormon triptofan tinggi," kata Andrea Grace, spesialis tidur anak-anak. Tryptophan membantu produksi hormon tidur melatonin. Ibu yang menyusui harus mengatur waktu makanya dalam jangka waktu sebelum tidur untuk mengisi perut bayi dan mendorong produksi hormon tidurnya.

Baca juga: Bayi Bangun Tidur Langsung Menangis, Normalkah?

2. Menggendong Bayi dengan Cara Baru

Konsultan tidur bernama Tina Southwood merekomendasikan untuk menggendong dengan cara ‘tiger in the tree’, di mana ibu meletakkan perut bayi di sepanjang lengan (dengan telapak tangan menghadap ke atas), sehingga dagunya beristirahat di lekukan lengan ibu. "Saya melakukan ini di sisi kiri saya, sehingga tangan kanan saya bebas untuk membelai punggungnya," kata Tina. Bayi yang sedang mengalami kolik tampaknya akan merasa tenang dan mendapat banyak tidur dalam posisi ini.

Baca juga: Yang Perlu Mama Lakukan Agar Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak

Usia 3 Bulan

3. Coba Bisikan Bayi

Bisikan ke telinga bayi ibu dengan berkata, “Aku ingin kamu pergi tidur sekarang.” Lakukan hal ini jika ibu hendak membawanya ke tempat tidur. Meskipun bayi tidak akan mengerti pada awalnya, itu membuat bayi lama kelamaan akan mengerti dan segera mengasosiasikan kata-kata ini dengan waktu tidur.

4. Mengunduh Aplikasi