7 Masalah Tidur Anak dan Cara Menanganinya

By Avrizella Quenda, Kamis, 23 Februari 2017 | 04:15 WIB
Anak bisa mulai diajarkan tidur sendiri sebelum mulai sekolah. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Tidur anak memang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang suka bermimpi buruk, mengompol, atau bahkan takut gelap. Jangan terlalu lama dibiarkan, Bu! Selain kebiasaan itu akan sulit dihilangkan, anak bisa kurang tidur dan mengakibatkan kondisi kesehatannya terganggu. Kenali 7 masalah tidur pada anak dan solusi mengatasinya:

1. Up-All-Nighter

Jenis tidur: Kondisi ini terjadi pada anak yang sangat sulit untuk tidur nyenyak. Ia akan berusaha menunda waktu tidur selama satu atau dua jam, tetapi kemudian anak siap untuk pergi tidur lagi dan mengharapkan ibu tidur bersamanya. Kebanyakan jenis tidur ini terjadi pada bayi, namun beberapa batita juga mengalaminya.

Solusi: Ibu bisa membuat tidur siang anak lebih lama dari biasanya untuk mengimbangi waktu tidur yang kurang di malam hari. Jika anak merasa kelelahan, ia akan belajar untuk tidur dalam waktu yang lebih lama pada saat malam hari.

2. Bedtime Fighter

Jenis tidur: Bila anak sudah merasa sangat lelah, tapi tetap tidak mau tidur. Sudah menggunakan segala cara, mulai dari mengantarkannya tidur, membaca buku cerita, mendongeng, atau menyanyikan lagu pengantar tidur. Semuanya sia-sia.

Solusi: Bertahan. Meskipun anak tidak mau tidur, ibu tahu bahwa ia sudah sangat kelelahan. Tetaplah mendongeng atau menyanyikan lagu favoritnya hingga anak tertidur dengan sendirinya.

Baca juga: Masalah Tidur Saat Anak Mulai Sekolah

3. Midnight Wanderer

Jenis tidur: Kebiasaan buruk anak saat tidur ialah mengigau atau tidur sambil berjalan, lalu ada yang membuka dan mengambil seluruh isi kulkas, mengobrak-abrik pakaian, atau bermain sangatlah tidak baik. Kemudian suatu saat ibu menemukan anak yang marah-marah tanpa sebab yang jelas.

Solusi: Tempatkan kunci di luar pintu, sehingga anak tidak bisa keluar kamar dan bisa lanjut pergi ke tempat tidur. Ini adalah tahap yang bisa dilewati anak.

4. Bad Dreamer