Ajarkan Manfaat Besar Bermain di Luar Rumah pada Batita

By Avrizella Quenda, Kamis, 23 Februari 2017 | 08:15 WIB
Rambu Bermain Dengan Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Bermain games atau menonton teve lebih digemari saat ini daripada bermain di luar rumah. Tidak ada salahnya bila orangtua mulai mengenalkan manfaat besar bermain di luar rumah bagi anak, yaitu:

# 1. Udara Segar

Jika anak bermain di luar rumah, anak akan banyak menghirup udara segar dan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu anak lebih dekat dengan alam belajar untuk menghargai alam secara lebih baik.

# 2. Kebebasan

Bermain di dalam rumah memiliki kelemahan tertentu, salah satunya barang-barang yang mudah pecah. Sementara jika bermain di luar, anak bisa bebas bergerak dan bermain apa saja.

# 3. Mengembangkan Fisik Lebih Baik

Obesitas tampaknya menjadi masalah umum bagi anak. Kurangnya bermain di luar serta banyaknya mengkonsumsi junk food bisa menjadi penyebab utama obesitas. Bermain di luar ruangan bisa membuat anak kuat secara fisik dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Jadi biarkan mereka lari, itu hanya akan membuatnya jauh lebih kuat.

# 4. Kesejahteraan Emosional

Bermain di luar ruangan dapat menurunkan stres. Jangan khawatir, anak-anak juga bisa menangani stres jika mendapatkan porsi bermain yang cukup. Ajaklah anak mengelilingi komplek sambil mengendarai sepeda atau bermain bola di taman.

# 5. Keterampilan Sosial

Bermain di luar, terutama di taman akan memberikan pelajaran yang berharga dalam keterampilan sosial dan akan mengajarkan anak berperilaku dalam kelompok. Anak juga akan belajar untuk menerima kekalahan dan merayakan kemenangan dengan kerendahan hati.

# 6. Mandiri

Anak kurang mendapat pengamanan jika sedang beraktivitas di luar. Untuk itu ajarkan anak untuk belajar mengurus diri sendiri. Bermain di luar juga akan mengajarkan anak untuk mandiri.

Kebanyakan orangtua pasti khawatir dan cemas akan keselamatan dan keamanan anak jika bermain di luar. Namun, anak jangan dibatasi dalam bermain. Biarkan ibu menemaninya bermain di luar karena manfaat-manfaat di atas akan membentuk kualitas diri anak lebih positif.