Mobil Pintar Butuh Ibu Pintar

By Gazali Solahuddin, Selasa, 28 Februari 2017 | 01:57 WIB
Mempelajari Fitur mobil penting, supaya mobil bisa seperti yang diharapkan dan diinginkan (Gazali Solahuddin)

Nakita.Id - Mobil memang harus pintar, tangguh, ekomonis, tidak nyusahin, mudah dikendalikan, dan paham kemauan pengemudinya. Namun, Ibu pun jika sudah memiliki mobil seperti itu harus mau belajar juga, karena semua fitur yang tersemat pada kendaraan yang pintar dan fun ini perlu diketahui cara pengoprasiannya. "Jika kita blank alias gak tahu caranya, maka semua fitur tersebut akan mubazir," kata Olla Ramlan (37), artis dan model, ibu dari Sean Michael Alexander dan Aleena Naira Hana Hutapea, kala dijumpai di acara “Chevrolet’s Consumer Launch” (24/02) di Senayan City Mall, Jakarta.

Menurut Olla yang berkesempatan melakukan test drive All New Chevrolet Trax di arena test drive yang memiliki 6 rintangan, ia pun harus diberi tahu terlebih dahulu bahwa mobil yang dicobanya memiliki fitur hill decission control. Dengan fitur hill decission control, Ibu tidak perlu waswas akan kebablasan saat menururi turunan yang curam sekalipun, karena mobil akan mengatur pengereman dan lajunya secara otomatis. "Saya tinggal mengarahkan kendaraan saja," kata Olla.

Maka dari itu, ujar Olla sekali lagi, sebelum mengemudikan mobil pilihan, ibu wajib mempelari terlebih dahulu fitur-fitur yang tersemat; cara penggunaan dan peruntukannya. Hal ini penting, karena fitur hanya akan berguna kalau pengemudinya pintar, dan fitur bisa mubazir atau justru mencelakai jika kita tidak memahaminya. Contoh, jika kita menempatkan car seat si kecil di posisi yang tidak semestinya, hal ini malah akan membahayakan. "Contohnya, kalau ada apa-apa si kecil bisa celaka oleh air bag," ujarnya. Demi mencegah hal itu terjadi, sebagian smart car menyediakan tempat khusus untuk baby seater. "Jika ditempatkan di situ otomatis air bag yang ada di dekatnya tidak aktif," papar Olla menceritakan pentingnya ibu mengetahui seluk beluk mobil.