Panduan Menu Makan Agar Berat Badan Turun 7 Kg dalam 7 Hari

By Bonita Ningsih, Selasa, 28 Februari 2017 | 07:15 WIB
Pisang dan susu jadi menu diet pada hari keempat. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Menurunkan berat badan sebanyak tujuh kilogram dalam tujuh hari mungkin terlihat mustahil. Namun Mama bisa mencapainya jika mengikuti tips diet sederhana berikut ini.

Kunci mengurangi berat badan tujuh kilogram dalam tujuh hari adalah kesabaran dan niat yang kuat. Jika Mama berpegang pada dua hal tersebut, bukan tak mungkin Mama akan mewujudkannya sesuai waktu.

Hari Pertama Ini menjadi hari paling penting seseorang dalam memulai dietnya. Hari pertama diet harus dimulai dengan sesuatu yang ringan dan sehat, seperti mengonsumsi buah-buahan. Diet buah harus benar-benar konsisten dilakukan satu hari penuh karena tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan lain selain buah. Hari pertama diet, Mama boleh mengonsumsi semua jenis buah, kecuali pisang. Imbangi dengan minum air yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi.

Hari Kedua Pada hari kedua, Mama hanya diperbolehkan untuk memakan sayuran saja. Siapkan sayuran berwarna-warni, seperti selada, tomat, alpukat, dan jagung, yang dapat diolah menjadi salad sehat. Mama bisa mencampur sayuran rebus dan mentah agar dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Mama juga dapat menikmati semua jenis sayuran termasuk kentang, tetapi harus direbus. Tetap rutin minum air putih sehari minimal 8 gelas, ya.

Hari Ketiga Hari ketiga menjadi lebih berwarna karena Mama dapat mencampur keduanya, yaitu buah dan sayur. Mama bisa sarapan dengan buah-buahan, sedangkan salad sayuran dapat dikonsumsi saat siang hari. Sedangkan pada malam hari Mama dapat mengonsumsi buah-buahan atau sayuran pilihan Mama sendiri. Ingat, jangan menambahkan kentang dan pisang pada hari ketiga ini.

Hari Keempat Pada hari keempat ini, Mama hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu sepanjang hari. Mama bisa membuat milkshakes atau smoothies, atau memotong-motong pisang dan mencampurnya dengan susu. Perlu diperhatikan, gunakan susu yang rendah lemak dalam menjalani diet hari keempat ini.

Hari Kelima Nah, pada hari kelima ini, Mama memiliki kesempatan untuk mengonsumsi nasi dengan porsi secangkir saja. Lalu, tambahkan tujuh hingga delapan tomat, baik dengan direbus atau mentah. Konsumsi nasi hanya berlaku dari pagi hingga siang hari, pada malam hari Mama tidak boleh makan nasi, dan hanya mengonsumsi tomat. Tambahkan porsi air minum hingga 12 hingga 15 gelas pada hari kelima.

Hari Keenam Mama harus mengonsumsi nasi dengan takaran secangkir untuk makan siang, dan tetap mengonsumsi sayuran sepanjang hari. Boleh dibilang, ini merupakan makanan termewah saat menjalani diet tujuh hari. Pastikan mengonsumsi nasi paling lambat pada sore hari, karena pada malam hari Mama dilarang untuk memakannya.

Hari Ketujuh Pada hari terakhir ini Mama diperbolehkan untuk mengonsumsi nasi ditambah sayuran sesukanya, juga jus buah pilihan Mama. Dalam diet ini, semua racun akan keluar dari tubuh Mama dengan bantuan jus buah yang dikonsumsi selama tujuh hari ini. Jika diet ini dilakukan dengan tepat dan teratur, berat badan turun tujuh kilogram dalam tujuh hari pun akan jadi kenyataan.