Metode Diet yang Unik dan Tidak Biasa Tapi Perlu Dicoba!

By Gisela Niken, Kamis, 2 Maret 2017 | 03:25 WIB
Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara yang unik dan tidak biasa. (Gisela Niken)

Nakita.id – Ternyata ada beberapa cara atau metode diet yang memang unik namun sudah dibuktikan oleh penelitian. Tak ada salahnya jika Ibu mencoba metode-metode diet berikut ini. Mau?

Baca juga: Turunkan berat badan 18 kilogram dengan pisang

1. Makan bersama orang lain

Ternyata keberhasilan diet bisa juga dipengaruhi oleh orang lain. Sebuah studi pada 2015 di University of New South Wales, Sydney meneliti jumlah makanan yang dikonsumsi responden saat makan dengan orang lain. Siapa sangka, jika  makan bersama orang lain, ternyata kebanyakan responden menyantap lebih sedikit makanan dibanding saat makan sendirian. Apalagi jika orang lain itu memiliki pola dan kebiasaan makan yang sehat. Hal ini akan ikut memengaruhi kita.

2. Makan produk makanan yang sama

Kebiasaan mengonsumsi produk makanan dari satu merk ternyata memiliki manfaat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para psikolog di University of Liverpool dan University of Bristol, Inggris menemukan bahwa makan makanan dengan banyak merk menghasilkan peningkatan konsumsi. Dalam studi ini, para peneliti memelajari perilaku 66 orang. Hasilnya, orang yang makan dari merk produk yang sama cenderung lebih akrab dengan kalori dan kandungan gizinya. Hal ini juga meningkatkan kesadaran tentang apa yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Ditemukan, diet bagi yang susah menurunkan berat badan

3. Makan makanan sehat sebelum berbelanja

Siapa sangka ternyata makanan yang disantap sebelum berbelanja makanan ikut berpengaruh pada apa yang akan dibeli. Sebuah studi pada 2015 yang dilakukan oleh Cornell University, Amerika menunjukkan orang yang mengonsumsi apel sebelum berbelanja akan lebih banyak membeli buah dan sayuran hingga 25%. Sementara mereka yang sebelumnya mengonsumsi makanan kurang sehat, akan membeli makanan yang kurang sehat pula.  

Baca juga: Turunkan berat badan 4 kilo dalam 3 hari dengan diet militer

4. Makan yang Ibu suka

Tidak hanya soal makanan, kita juga perlu bahagia dalam melakukan diet. Hal ini menjadi kunci sukses dalam menurunkan berat badan. Penelitian dari University Buffalo, Amerika mengungkapkan menghilangkan makanan yang kita suka ternyata akan menghabiskan energi pada pikiran dan membuat sengsara. Ada baiknya kita tetap mengatur makanan sehat yang bisa membuat kita senang.