Mau Rambut Lebat dan Tidak Rontok? Lakukan Kebiasaan Ini!

By Gisela Niken, Jumat, 3 Maret 2017 | 04:49 WIB
Rambut kuat dan sehat menjadi manfaat lemon bagi rambut (Gisela Niken)

Nakita.id – Punya rambut yang indah pastinya keinginan banyak orang termasuk Ibu. Ternyata, ada hal-hal yang bisa Ibu lakukan untuk mendapatkan rambut yang maksimal dan pastinya tidak rontok. Selain perawatan rambut yang tepat, ada beberapa kebiasaan yang memengaruhi kondisi rambut rusak. Berikut kebiasaan yang perlu Ibu lakukan agar punya rambut selebat mungkin dan tidak rontok.

Baca juga: Rambut rontok saat hamil, ini penyebabnya!

1. Pijat kepala

Pijat kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu, akar rambut akan mendapatkan nutrisi dengan optimal dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Alhasil, rambut jadi lebih tebal. Agar tidak nyeri, pemijatan kulit kepala bisa dibantu dengan minyak zaitun atau minyak kelapa hangat. Selain berguna untuk rambut, pijat kepala dapat membantu meringankan sakit kepala dan membuat Ibu jadi lebih relaks serta berenergi.

2. Memelihara kebersihan rambut

Banyak dari kita yang bingung, sebenarnya berapa kali ya harus mencuci rambut dalam seminggu? Jeffrey J. Miller, MD, salah seorang asisten profesor dermatologi di Pennsylvania State University College of Medicine, Amerika mencoba memberi petunjuk. “Mencuci rambut setiap hari sangat dibutuhkan oleh orang yang tinggal di daerah polusi dan orang yang setiap hari berolahraga,” ujarnya. Jadi, menurut Jeffrey, kebutuhan keramas setiap orang berbeda namun intinya rambut harus dijaga kebersihannya. Pilih sampo yang cocok sesuai kondisi kulit kepala dan rambut. Rambut lepek dan rontok atau kulit kepala gatal, berketombe, dan muncul bisul-bisul kecil menandakan sampo yang dipakai tidak sesuai.

Baca juga: Resep alami untuk menghilangkan ketombe secara cepat

3. Jangan stres!

Rambut rontok dan rusak juga dapat disebabkan oleh masalah psikis seperti stres. Ibu sebaiknya menghindari stres berlebihan. Amy McMichale, MD, profesor dermatologi di Wake Forest Baptist Health Medical Center, California mengungkapkan kerusakan rambut memang erat kaitannya dengan stres. “Stres dapat menyebabkan kerusakan sel yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan rambut,” ujarnya. Selain itu, stres juga berpengaruh pada berkurangnya pigmen rambut sehingga menyebabkan uban.

Baca juga: Ini gaya rambut yang bakal ngetren di tahun 2017!

4. Pola makan

Ternyata, pola makan juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Nutrisi dari apa yang kita makan juga sangat berpengaruh pada rambut. Dr. Robert Dorin dari American Board of Hair Restoration, Amerika mengungkapkan makanan berperan besar terhadap volume rambut. “Makanan yang kaya zat besi, zinc, asam lemak omega-3 dan protein sangat baik merangsang folikel rambut untuk pertumbuhan,” ujarnya. Daging merah, ayam, telur, dan ikan menjadi makanan yang perlu dikonumsi untuk kesehatan rambut.