Resep Alami Tingkatkan Berat Badan Anak

By Avrizella Quenda, Senin, 6 Maret 2017 | 05:15 WIB
Resep alami untuk meningkatkan berat badan anak (Saeful Imam)

Nakita.id -   Berat badan si kecil  tidak deal dan cenderung rendah? Beragam cara dicoba tapi kurang memuaskan. Tidak ada salahnya bila Mama mencoba resep alami yang sederhana di bawah ini untuk mengatasinya. Sejatinya, mendambakan bayi sehat harusnya dimulai sejak hamil, dimana Mama sebaiknya menjaga asupan yang dikonsumsi agar janin di dalam kandungan tetap sehat. Bila hal itu diabaikan, kesehatan bayi  yang dilahirkan menjadi taruhannya.

Di antara aneka komplikasi yang dapat dialami adalah berat badan bayi lahir rendah. Seorang anak dikatakan memiliki berat badan kelahiran rendah ketika berat berada di bawah 2,5 kg. Idealnya, berat badan yang sehat untuk bayi yang baru lahir adalah antara 2,5 kg hingga 4,2 kg.

Baca juga: Berat Badan Bayi Tidak Naik? Ini Penyebabnya

Ketika seorang anak memiliki berat badan kelahiran yang dikatakan rendah dapat menyebabkan perkembangannya terganggu. Bayi dengan berat badan lahir rendah juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Meski begitu, untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan, sebaiknya bayi dengan berat badan lahir rendah mendapatkan asupan nutrisi terbaik, yaitu ASI di 6 bulan pertama, dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan sampai usia 1 tahun. Bila di atas 1 tahun, berat badan anak masih kurang juga, tidak ada salahnya bila orangtua mencoba resep alami ini dapat yang dapat meningkatkan nafsu makan anak serta meningkatkan berat badan anak:

Bahan yang dibutuhkan:

• Almond - 1 sendok teh

• Madu - 1 sendok teh

Obat alami yang dapat ibu racik sendiri di rumah ini untuk menyehatkan serta menaikkan berat badan anak yang rendah dan dapat bekerja dengan baik ketika ibu memberikannya secara teratur.

Almond kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan setiap sel dalam tubuh bayi dan juga membantu kenaikan berat badan. Sementara, madu kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak untuk mencegah sejumlah penyakit.

Baca juga: Anak Kurus dan Rewel, Apa Penyebabnya?

Metode Persiapan: