Aturan Bila Bayi Memakai Kaus Kaki Saat Tidur

By Avrizella Quenda, Senin, 6 Maret 2017 | 05:45 WIB
Bolehkah bayi memakai kaus kaki saat tidur (Saeful Imam)

Nakita.id - Masa bayi merupakan masa pertumbuhan yang sangat penting, terutama bayi yang baru lahir membutuhkan tingkat kesterilan agar bayi tak cepat sakit atau merasa kedinginan. Untuk itu, biasanya bayi sering menggunakan kaus kaki, terutama saat tidur.

Mungkin tujuan orangtua baik, namun beberapa di antara ibu belum paham benar tip merawat bayi yang benar. Nah, sekarang muncul pertanyaan apakah sebenarnya bayi boleh menggunakan kaus kaki saat sedang tidur?

Perlu ibu ketahui bahwa setiap bayi memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Selain itu, tidak semua bayi merasa nyaman memakai kaus kaki saat tidur. Seorang ibu perlu mengenali isyarat dari perilaku anaknya untuk memahami berapa banyak pakaian yang dapat membantu menjaga bayi untuk tetap hangat.

Baca juga: Menakjubkan! Tidur Pakai Kaus Kaki Basah Bisa Redakan Beberapa Gejala Penyakit Ini

Dalam kondisi lembap ternyata tidak disarankan jika bayi tidur sambil memakai kaus kaki. Alasannya, bayi akan mudah cepat berkeringat sehingga bayi akan merasa tidak nyaman karena lapisan tambahan atau selimut dapat membuat bayi rewel dan mudah marah.

"Namun, di musim dingin mungkin perlu untuk menjaga anak berpakaian dengan baik," kata Dr Chaitali Laddad, Pendiri & Direktur, The Pediatric Network. Tetapi bukan berarti ibu harus menggunakan pakaian berlapis-lapis untuk menghangatkan bayi.

Ternyata, tidak dianjurkan untuk memilih pakaian yang berbahan wol, kaus kaki dan sarung tangan ketika bayi tidur. Pilihlah pakaian berbahan katun lembut untuk menenangkan dan agar bayi tetap hangat.

Baca juga: Tutupi Telinga Bayi Saat ke Daerah Berhawa Dingin

Namun, sebelum ibu mulai memasangkan bayi dengan sarung tangan dan kaus kaki, di sini ada beberapa hal yang perlu diingat kata Dr Chaitali :

- Jika bayi berkeringat pada bagian telapak tangan dan kakinya, jangan biarkan ia memakai kaus kaki atau sarung tangan.

- Jika tangan dan kaki bayi sudah merasa hangat, jangan gunakan kaus kaki dan sarung tangan karena dapat membuat tubuhnya menjadi terlalu panas.

- Jika bayi terbangun di tengah malam, periksa apakah ia telapak tangan dan kakinya berkeringat. Jika iya, bukalah kaki dan sarung tangan jika dibutuhkan