Fakta! Cuaca Dapat Memengaruhi Berat Badan Bayi

By Avrizella Quenda, Senin, 6 Maret 2017 | 06:45 WIB
Pertambahan Berat Badan Bayi (Ipoel )

Nakita.id - Tidak hanya karena gizi dan faktor keturunan, cuaca yang sangat panas atau dingin dapat memengaruhi berat lahir bayi. Benarkah? Para peneliti menemukan bahwa ibu yang mengalami cuaca sangat panas atau dingin selama kehamilan meningkatan risiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah, bahkan ketika bayi tidak lahir prematur.

Perubahan iklim global diperkirakan akan menyebabkan peningkatan cuaca ekstrim, termasuk cuaca sangat panas atau dingin, "Hasil ini menyoroti kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut serta kesadaran kesehatan masyarakat dari dampak negatif dari suhu setempat yang ekstrem selama kehamilan," tulis para peneliti dalam temuan mereka, yang akan diterbitkan dalam edisi mendatang jurnal Penelitian Lingkungan.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis informasi lebih dari 220.000 bayi yang lahir di 19 rumah sakit AS, dari tahun 2002 sampai 2008. Mereka menggunakan data cuaca untuk menentukan suhu harian di daerah sekitarnya di setiap rumah sakit, dan kemudian mereka menghitung suhu rata-rata untuk setiap trimester kehamilan, serta suhu rata-rata selama seluruh kehamilan.

Baca juga: Berat Badan Bayi Tidak Naik? Ini Penyebabnya

Para peneliti tertarik mempelajari apakah suhu ambient dapat mempengaruhi risiko disebut "jangka berat badan lahir rendah" bayi. Bayi yang lahir di usia kehamilan 37 minggu atau kurang, maka beratnya kurang dari 5,5 kg.

Dalam studi tersebut, cuaca dingin biasa didefinisikan sebagai suhu di bawah persentil ke-5 dari suhu rata-rata untuk daerah tertentu, dan cuaca sangat panas didefinisikan sebagai suhu di atas persentil ke-35 dari suhu rata-rata untuk di daerah.

Ini berarti bahwa perkiraan peneliti bahwa cuaca panas atau dingin bervariasi, tergantung di mana ibu hamil tinggal. Misalnya, di sebuah rumah sakit di Springfield, Massachusetts, cuaca sangat dingin selama trimester kedua didefinisikan sebagai suhu di bawah - 2 derajat Celcius; tetapi di bawah 13 derajat Celcius di sebuah rumah sakit di Los Angeles; dan di bawah 21 derajat Celcius di sebuah rumah sakit di Miami.

Baca juga: Kenapa Berat Badan Bayi Tidak Bertambah?

Hasil penelitian menunjukkan, perempuan yang terkena cuaca sangat dingin di trimester kedua dan ketiga, atau cuaca sangat panas pada trimester ketiga, 18-31 persen lebih mungkin untuk memiliki bayi jangka berat lahir rendah dibandingkan dengan perempuan yang terkena cuaca ringan pada trimester kedua dan ketiga.

"Sampai kita bisa belajar lebih banyak, masuk akal untuk mengurangi jumlah waktu ketika wanita hamil terkena cuaca panas atau dingin yang ekstrim," kata penulis senior studi Pauline Mendola, seorang ahli epidemiologi di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development (NICHD).

Bayi mungkin dilahirkan dengan jangka berat badan lahir rendah (37 sampai 40 minggu kehamilan) karena mereka secara genetik cenderung memiliki ukuran kecil, atau karena mereka mengalami sakit, infeksi atau kegagalan untuk tumbuh dalam rahim, kata para peneliti.

Para peneliti tidak tahu mengapa paparan suhu yang luar biasa dingin atau panas pada kehamilan dapat mempengaruhi berat lahir. Salah satu kemungkinan adalah bahwa suhu ekstrim bisa mengurangi aliran darah ke rahim, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin, kata mereka.

Temuan baru tetap stabil bahkan setelah para peneliti memperhitungkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi berat lahir bayi, termasuk jenis kelamin bayi dan indeks massa tubuh ibu.

Temuan baru ini menambah jumlah temuan bahwa paparan suhu yang luar biasa dingin atau panas pada kehamilan akan terkait dengan peningkatan risiko kelahiran prematur.