Tips Menambah Volume Agar Rambut Ibu Menyusui Terlihat Lebih Tebal

By Bonita Ningsih, Rabu, 8 Maret 2017 | 23:00 WIB
Kibaskan rambut agar terlihat lebih bervolume. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Mengalami rambut rontok di masa setelah bersalin dan menyusui pasti membuat ibu panik. Helai demi helai terus berjatuhan sehingga akhirnya rambut menjadi tipis. Kalau sudah begini, jadi tidak pede, kan? Coba, apa yang bisa Ibu lakukan untuk membuat rambut terlihat tebal lagi?

Perlu Ibu ketahui, pola makan yang buruk dan kurang tidur memiliki peran besar dalam penampilan. Nah, kurang tidur, sih, itu dialami  hampir semua ibu yang baru punya bayi. Pantas saja, kan? Banyak pikiran atau stres juga menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah rambut rontok. Jadi, jika Ibu mengalami kerontokan rambut, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan menghindari stres. Lakukan latihan ringan diiringi musik sambil mengatur pernapasan untuk mengurangi stres.

Kalau semua itu dilakukan untuk mengatasi kerontokan rambut dalam jangka panjang, Ibu juga bisa memilih cara mengatasi kerontokan rambut untuk jangka pendek. Triknya adalah menambah volume agar rambut terlihat lebih tebal:

1. Pijat dengan Minyak Pijat kulit kepala Ibu menggunakan minyak hangat. Memijat kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut baru akan tumbuh relatf cepat dan menambahkan volume.

2. Memilih Sampo Teliti saat membeli sampo. Pilih sampo bernutrisi dan minim bahan kimia keras untuk  mempercepat tumbuhnya rambut. Hindari sampo yang mengandung sulfat.

Kendati demikian, takperlu keramas setiap hari. Lakukan seminggu dua atau tiga kali saja. Keramas setiap hari akan membuat rambut Ibu kehilangan banyak minyak alami yang terdapat pada kulit kepala, sehingga jadi makin rontok.

3. Bedak Bayi Jika rambut cenderung berminyak, Ibu dapat menaburkan bedak bayi pada kulit kepala. Hal ini dilakukan agar bedak dapat menyerap lemak yang terdapat pada kulit kepala. Lalu, kibaskan rambut Ibu agar bedak tersebar merata. Hasilnya, rambut jadi tidak lepek dan terlihat lebih megar.

4. Hindari Penataan dengan Bahan Kimia Hindari penataan rambut seperti meluruskan atau mengeriting rambut secara permanen dengan obat-obatan kimia. Cobalah untuk membiarkan rambut Ibu dalam keadaan sealami mungkin. Hal ini akan membantu menghindari kerusakan rambut dan juga mempertahankan ketebalan sehingga menghasilkan volume yang baik.

5. Kurangi Stres Stres memiliki dampak besar bagi penampilan seseorang. Semakin sering Ibu stres, maka akan dengan mudah rambut menjadi rontok dan tipis. Untuk itu lakukan kegiatan yang dapat membantu menenangkan pikiran, misalnya dengan membaca buku atau jalan-jalan.

6. Mengatur pola makan Cobalah untuk makan makanan yang kaya protein tanpa lemak (daging ayam) agar tekstur rambut tetap terjaga. Bahan makanan lain yang baik untuk menyehatkan rambut adalah bayam (menyehatkan kulit kepala dan melembapkan rambut), jambu (mencegah rambut bercabang), ketela (melembapkan kulit kepala), dan telur (zat besinya membantu pertumbuhan rambut).

Nah, ada banyak cara untuk menambah volume agar rambut terlihat lebih tebal. Ibu pilih yang mana?