Berat Badan Normal dengan Perut Buncit Lebih Berbahaya Dibanding Obesitas!

By Gisela Niken, Rabu, 8 Maret 2017 | 21:54 WIB
Bahaya lemak di perut perlu Ibu waspadai (Gisela Niken)

Nakita.id – Masalah berat badan berlebih memang jadi masalah bagi banyak orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu Ibu waspadai selain berat badan bahkan bagi Ibu yang berat badannya normal. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society pada Februari 2017 mengungkapkan lemak di perut akan meningkatkan peluang kematian dini dibanding yang memiliki kelebihan berat badan.

Baca juga: 5 gejala sakit perut ini ternyata tanda bahaya

Lemak di perut biasa disebut dengan lemak visceral karena menumpuk di antara organ  di perut. Menurut Samuel Dagogo-Jack, MD, direktur dari American Diabetes Association, lemak visceral ini membuat racun yang memengaruhi cara tubuh bekerja. “Munculnya bahan kimia yang disebut sitokin sehingga meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan membuat tubuh jadi kurang sensitif terhadap insulin. Hal ini akan berdampak pada diabetes,” ujarnya.

Baca juga: Lingkar pinggang lebih daru 87 cm tingkatkan penyakit jantung

Tidak hanya itu, sitokin juga dapat menyebabkan peradangan dan berujung pada kanker. Menurut Eric Jacobs, PhD, dari American Cancer Society, terdapat hubungan antara lemak di perut dengan kanker yang kerap terjadi di bagian kerongkongan, usus besar, dan pankreas. Kondisi ini membuat Ibu, baik yang bertubuh normal maupun obesitas, harus mengganti pola hidup untuk menghilangkan lemak di perut. Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk menghilangkan lemak di perut.

Memperbaiki pola makan menjadi hal yang utama dalam menghilangkan lemak di perut. Ibu perlu banyak mengurangi asupan garam, gula dan minyak yang dapat merusak metabolisme tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Investigation menunjukkan bahwa kelebihan gula (dari karbohidrat, misalnya nasi dan tepung) dapat menyebabkan peningkatan akumulasi lemak di perut. Tak hanya itu, mengurangi makanan lemak dan lebih banyak mengonsumsi protein dapat mengurangi penumpukan lemak di perut. Mengolah makanan dengan lebih banyak direbus dan dikukus misalnya bisa Ibu coba.

Baca juga: Awas gemar makan gurih bikin perut lebih buncit

Tak hanya makan, pola hidup yang seimbang sangat dibutuhkan untuk hilangkan lemak di perut. Mulai dari rajin berolahraga hingga tidur yang cukup. Sebuah studi yang dilakukan Wake Forest University study mengungkapkan cukup tidur saat malam hari sangat berpotensi menurunkan kandungan lemak dalam tubuh.