Ibu Bekerja, Lakukan Ini Saat Memerah ASI Agar Jumlahnya Berlimpah

By Gisela Niken, Kamis, 9 Maret 2017 | 23:49 WIB
Memerah ASI agar produksi ASI lancar perlu persiapan (Gisela Niken)

Nakita.id – Saatnya berusaha untuk memberikan asupan ASI bagi si kecil, apalagi pada Ibu yang harus kembali bekerja. Ada beberapa trik yang bisa Ibu lakukan saat memulai memerah ASI agar produksi ASI maksimal dan si kecil juga mendapatkan ASI yang cukup. Melakukan persiapan sebelum memerah ASI juga menjadi hal yang penting.

Baca juga: Memerah ASI dengan tangan ternyata tidak menyakitkan

1. Melakukan latihan

Sebelum kembali bekerja atau melakukan aktivitas, ada baiknya Ibu menyiapkan waktu untuk membiasakan diri. Pompa ASI baik manual ataupun elektrik sama saja hasilnya, yang penting pada saat digunakan Ibu merasa nyaman. Stephanie Booth, salah seorang konselor laktasi di California Children Hospital mengungkapkan mulailah 3 hingga 4 minggu sebelum benar-benar memompa ASI secara teratur. Semakin teratur Ibu memompa, semakin merangsang tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak.

2. Hindari stres

Stres ternyata dapat menghambat kemampuan alam i tubuh untuk memproduksi ASI. Jay L Hoecker, M.D., seorang dokter dari American Academy of Pediatrics menyarankan untuk Ibu mencari tempat yang tenang untuk memompa. Lakukan berbagai kegiatan yang membuat Ibu tenang saat memompa ASI misalnya memandangi gambar si kecil atau mendengar musik kesukaan. “Mungkin bisa ditambah dengan cara memijat payudara atau menggunakan kompres air hangat agar nyaman,” ujarnya.

Baca juga: Begini caranya agar hasil ASI perah optimal

3. Banyak minum air putih

Hoecker juga mengungkapkan cara lain agar produksi ASI lancar. Mendapatkan cukup cairan seperti air, jus, dan susu dapat membantu Ibu tetap terhidrasi. Kurangi konsumsi soda, kopi, dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Terlalu banyak kafein bisa memicu alergi pada bayi dan mengganggu tidur si kecil. Beri jarak dengan waktu menyusui jika Ibu mau mengonsumsi berbagai minuman berkafein.

Baca juga: 8 manfaat memerah ASI

4. Membuat diri sendiri menjadi tenang dan nyaman

 Menyusui butuh usaha yang tidak sedikit dan juga komitmen dari Ibu. Berbagai tantangan menyusui harus dihadapi dengan kesabaran dan ikhlas. Ibu perlu mengonsumsi makan makanan yang sehat agar tubuh tetap fit dan berenergi selama menyusui dan memerah ASI. Selain itu, aktivitas fisik sederhana juga dibutuhkan agar ibu selalu bugar. Berbagi tugas dengan suami atau meminta dukungan dari suami sangat dibutuhkan agar proses memerah ASI dan pengaturan penyimpanannya bisa berjalan sukses.