Siapa Sangka, Sarapan Es Krim Ternyata Bisa Menurunkan Stres

By Meisy Billem, Selasa, 14 Maret 2017 | 00:00 WIB
Makan es krim pada pagi hari bisa menurunkan stres. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Memulai hari dengan makanan tanpa kalori dapat membuat perut penuh dengan gas atau sebah. Tetapi sebuah studi baru menyatakan bahwa mengonsumsi satu scoop ice cream saat bangun tidur dapat memberikan hasil positif yang mengejutkan.

Yoshihiko Koga, seorang profesor di Universitas Kyorin di Tokyo, melakukan serangkaian uji klinis yang mengharuskan responden langsung sarapan es krim setelah bangun tidur. Setelah mengonsumsi satu scoop frozen delight, mereka diminta menjalani serangkaian tes komputer. Koga menemukan bahwa orang yang sarapan dengan menu es krim memiliki peningkatan gelombang alpha berfrekuensi tinggi. Hal ini terkait dengan tingkat stres yang rendah dan kewaspadaan yang tinggi.

Koga melakukan beberapa tes tambahan, yakni mengganti es krim dengan air dingin untuk melihat apakah tekanan suhu menghasilkan peningkatan kinerja mental. Tetapi para pemakan es krim ternyata masih menunjukkan hasil yang lebih baik pada tes mental. Koga belum menentukan apa bahan kimia dalam es krim yang memicu dorongan mental, tetapi sebagian orang percaya itu bisa disebabkan oleh suasana hati membaik karena rasa manis es krim.

"Penjelasan yang mungkin mengenai meningkatnya kewaspadaan adalah bahwa sarapan memang lebih baik daripada tidak sarapan," kata Katie Barfoot, peneliti doktoral di di Universitas Reading.

"Otak kita membutuhkan glukosa untuk berfungsi, dan makanan dengan glukosa yang tinggi akan membantu kapasitas mental. Namun, yang perlu diingat adalah fakta bahwa gula dalam makanan kita jauh lebih buruk dampaknya daripada lemak dan merupakan penyebab utama penambahan berat badan dan obesitas," demikian menurut Business Insider.

Namun, jika Ibu sedang ingin meningkatkan kesadaran dan melepaskan stres, mengapa tidak mencoba menambahkan sedikit es krim pada menu sarapan? Satu scoop kecil es krim stroberi sudah cukup untuk membangkitkan kesadaran dan mood Ibu agar positif menghadapi perkembangan si kecil. Buat Ibu yang tengah hamil atau menyusui, sarapan eskrim bahkan bisa memberikan kecukupan kalori tambahan untuk sehari penuh.