Riset : Akupunktur Dapat Meringankan Kolik Pada Bayi

By Avrizella Quenda, Rabu, 15 Maret 2017 | 05:13 WIB
Akupuntur bisa meringankan kolik pada bayi (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Mungkin hal ini terdengar sangat ekstrim yang bisa dilakukan pada bayi. Pasalnya, dokter spesialis dalam akupunktur (istilah dari tusuk jarum) anak ini menggunakan teknik ini untuk mengobati kolik bayi dan tampaknya terlalu berlebihan.

Dalam laporan ini, dalam sebuah penelitian kontroversial berbasis di Swedia, bayi yang menangis akibat kolik dapat ditenangkan dengan akupunktur. Namun, para ahli yang berbasis di Inggris menunjukkan bahwa kesimpulan sebesar ini tidak dapat dijadikan dasar sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 147 bayi berusia antara 2-8 bulan.

Menurut penelitian ini, saat bayi menghabiskan tangisan berlebihan dapat berkurang ketika kelompok bayi ini diteliti. Bayi yang menangis akibat kolik mengalami penderitaan, namun tidak berbahaya. Ada banyak cara di mana bayi dapat ditenangkan, dan jelas, akupunktur tidak termasuk dalam daftar itu.

Kolik pada bayi biasanya membuatnya menangis tak terkendali selama 2-3 jam dan tidak ada yang bisa menenangkannya. Sementara kolik jelas bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan sebagai orangtua, namun ini cukup mengerikan. Menyaksikan bayi menangis terus menerus dalam beberapa hari menyebabkan rasa sakit dan tidak berdaya bagi setiap orangtua.

Baca juga : Akunpuntur Dukung Keberhasilan Bayi Tabung

Jadi bagaimana orangtua membantu menenangkan bayi yang menderita kolik? Berikut adalah beberapa tip yang efektif untuk diterapkan:

Makanan apa yang ibu konsumsi: Kadang-kadang bayi kesal dan marah karena disebabkan oleh makanan yang ibu konsumsi jika bayi diberikan ASI eksklusif. Coba ubah pola makanan ibu mulai sekarang!

Hindari makanan yang mengandung gas dan menghindari memberinya susu sapi. Meskipun tidak ada hubungan langsung, itu dapat merangsang gas dan menyebabkannya kolik. Juga, selalu ingat untuk menyendawakan bayi setelah diberi ASI.

Suara atau gerakan berirama dapat membantu: Berjalan atau menggoyang bayi dapat menenangkan koliknya. Ibu hanya perlu menggendong dan goyang perlahan tubuhnya. Ibu juga bisa menempatkannya di ayunan da gerakan ayunan perlahan. Pada beberapa hari anak akan merasa lebih tenang, begitu pula bila ayah dan ibu hendak mengajaknya pergi dengan menggunakan mobil.

Berhenti menghakimi diri sendiri: Jika si buah hati menangis sejak 1 jam terakhir atau lebih, ibu pun telah berusaha untuk membuatnya berhenti menangis atau setidaknya dapat tertidur pulas. Tapi, bagaimana jika orangtua tidak mampu?

Dokter anak mungkin telah memberikan beberapa tetes penghilang gas. Tapi gas bisa saja hanya salah satu dari banyak alasan dan obat-obatan yang tidak perlu diberikan setiap saat. Jadi, intinya orangtua harus tetap santai. Jika itu kolik, bayi akan baik-baik saja.