Gangguan Leher ini Sering Dialami Bayi

By Avrizella Quenda, Senin, 13 Maret 2017 | 06:45 WIB
Gangguan leher yang sering dialami bayi (Saeful Imam)

Nakita.id - Struktur leher terdiri dari tulang, otot, pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Struktur ini bertanggung jawab untuk menahan dan memutar kepala. Bayi memiliki leher yang cenderung pendek dan otot-otot lehernya tidak cukup kuat untuk menahan kepala sendiri.

Beberapa bayi dilahirkan dengan atau masalah yang berkaitan dengan struktur leher yang mempengaruhi kemampuan bayi dalam menggunakan otot-otot leher atau dapat mengakibatkan komplikasi jangka panjang.

Struktur

Leher terdiri dari tulang belakang yang dikenal sebagai tulang leher; yang berbatasan dengan tulang-tulang klavikula dan tengkorak. Otot-otot utama leher adalah sternokleidomastoid yang berbatasan dengan leher pada kedua sisi dan bertanggung jawab merotasi kepala. Otot-otot trapezius juga ditemukan antara leher dan bahu, dan bekerja untuk memindahkan kepala, seperti yang dilakukan pada lengan dan bahu.

Baca juga: Jika Umur 2 Bulan Bayi Belum Mengangkat Leher, Lakukan Stimulasi Ini!

Pertimbangan

Orangtua harus memegang kepala bayi yang baru lahir sampai ia tumbuh dan otot-otot lehernya menguat. Hal ini penting untuk membiarkan bayi menghabiskan beberapa waktu tengkurap untuk membantu ia belajar untuk mengangkat kepalanya dan memperkuat otot-otot lehernya. Trakea bayi dan kedua kerongkongan berjalan melalui leher, memfasilitasi dua kegiatan bayi, yakni makan dan bernapas. Ketika masalah leher terjadi, ini dapat mempengaruhi kemampuan bayi untuk melakukan kegiatan tersebut.

Otot leher

Gangguan yang paling umum terjadi pada bayi, yaitu yang mempengaruhi otot-otot leher disebut tortikolis. Menurut New York University, tortikolis menyebabkan otot-otot leher berkontraksi, sehingga pemendekan otot terjadi di satu sisi. Hal ini menyebabkan kepala untuk memutar atau bersandar ke satu sisi, sehingga postur bayi abnormal. Kejang otot atau kekakuan leher juga dapat terjadi dengan tortikolis.

Baca juga: Ketika Leher Bayi Semakin Kuat, Wow... Pusat Gerak Manusia pun Dimulai!

Jaringan leher

Beberapa bayi dilahirkan dengan benjolan atau massa lembut di leher yang memiliki potensi untuk menimbulkan masalah. Sebuah kista dermoid adalah jenis umum dari massa leher yang tumbuh lambat dan dapat menyebabkan penyumbatan. Sebuah kista saluran tiroglosus biasanya tumbuh pada saat lahir di daerah leher di mana kelenjar tiroid berkembang selama tahap janin. Bayi mungkin telah mengalami pembesaran kelenjar getah bening di leher yang merupakan gejala infeksi.

Pengobatan

Pengobatan masalah leher pada bayi tergantung pada penyebabnya dan apakah masalah memiliki potensi untuk cacat di masa depan. Beberapa kista leher dapat tumbuh sampai ukuran besar dan biasanya diangkat sebagai prosedur bedah. Sebuah kista saluran tiroglosus memiliki potensi untuk berubah menjadi kanker saat dewasa dan harus dievaluasi dan diangkat oleh seorang ahli bedah. Jenis lain dari masalah leher, seperti yang berkaitan dengan otot-otot leher, diperlukan terapi untuk meningkatkan kualitas hidup. Pengobatan tortikolis melibatkan latihan peregangan otot leher melalui terapi fisik atau posisi bayi berbaring di sisi yang terpengaruh.