Jangan Langsung Buang Alpukat yang Terlalu Matang

By Meisy Billem, Rabu, 15 Maret 2017 | 06:30 WIB
Alpukat yang terlalu matang masih bisa dimanfaatkan. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Memilih alpukat itu susah-susah gampang. Kalau cari yang sudah empuk, kemungkinannya sudah ada bagian-bagian yang kecoklatan pada daging buahnya, dalam arti terlalu matang. Jika memilih yang masih keras karena ingin menunggu sampai matangnya pas, tahu-tahu ketika terasa sudah empuk buahnya juga sudah terlalu matang.

Tetapi jangan langsung membuang alpukat yang terlalu matang, karena ternyata masih bisa dimanfaatkan. Faktanya, alpukat yang terlalu matang bisa dijadikan teh atau masker, bahkan bisa digunakan untuk mewarnai pakaian.

Berikut beberapa cara memanfaatkan alpukat yang terlalu matang:

Teh alpukat Percaya atau tidak, biji alpukat adalah bagian dari alpukat yang paling kaya nutrisi. Menurut ahli gizi Amy Shapiro di New York, biji alpukat kaya antioksidan dan serat. Biji itu dapat digunakan untuk membuat teh alpukat. Caranya dengan memotongnya kecil-kecil, lalu letakkan ke saringan teh. Kemudian seduh dalam air mendidih. Tambahkan satu sendok teh kecil madu untuk menghilangkan rasa pahit.

Kue mangkuk Ketika alpukat telah berubah sedikit coklat, itu adalah kesempatan sempurna untuk menggunakannya sebagai bahan baku kue mangkuk. Untuk membuat kue alpukat coklat, gunakan tepung terigu, baking powder, gula, alpukat, cokelat bubuk, dan susu.

Bahan: 4 ½ sdm tepung terigu ½ sdt baking powder 4 sdm gula putih pasir ½ alpukat tumbuk 2 sdm cokelat bubuk 2 sdm susu 1 cangkir besar

Cara membuat: Dalam cangkir, campur semua bahan, lalu aduk hingga halus. Tempatkan dalam cangkir, masukkan dalam microwave dengan api sedang selama 2 menit. Sesekali periksalah. Jika adonan sudah naik, angkat, dan biarkan dingin. Lalu tabur gula halus di atasnya.